Presiden Jokowi Membuka Pintu Kerjasama di Afrika: Kunjungan yang Membangkitkan Solidaritas Global

- 22 Agustus 2023, 06:47 WIB
Presiden Jokowi bersiap untuk menapaki jejak baru di benua Afrika, membawa semangat kerja sama dan persaudaraan global
Presiden Jokowi bersiap untuk menapaki jejak baru di benua Afrika, membawa semangat kerja sama dan persaudaraan global /BPMI Setpres/Muchlis Jr/

GALAMEDIANEWS - Presiden Joko Widodo telah memulai perjalanan pentingnya ke beberapa negara di Afrika, termasuk Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Kunjungan ini menjadi langkah awal Presiden dalam mempererat hubungan dan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Afrika serta memperkuat solidaritas di antara negara-negara selatan global.

Presiden Jokowi menggambarkan kunjungannya ini sebagai manifestasi dari semangat "Bandung," yang merupakan semangat perjuangan untuk memperkuat hubungan antarnegara di selatan dunia. 

Baca Juga: Rahasia Hidup Sehat dengan Konsumsi Alpukat Menurut dr. Zaidul Akbar

Dalam keterangan pers sebelum keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, pada Minggu, 20 Agustus 2023, Presiden menyatakan, “Spirit 'Bandung' inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkuat solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the global south.”

Indonesia dan Afrika memiliki hubungan sejarah yang panjang, yang telah menciptakan momentum besar dalam sejarah kerjasama mereka. "Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Non-Blok saat itu," jelasnya.

Kunjungan Presiden dimulai dengan Republik Kenya, di mana dia dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Republik Kenya, William Ruto. Pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Selanjutnya, Presiden akan melanjutkan kunjungannya ke Republik Persatuan Tanzania untuk bertemu dengan Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan. 

Selama kunjungan ini, Presiden akan melaksanakan pertemuan bisnis bersama dengan sejumlah pemimpin perusahaan di Tanzania, yang dapat membuka peluang investasi dan kerja sama bisnis yang lebih luas.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x