Ridwan Kamil Pastikan Kebakaran TPA Sarimukti Mulai Teratasi, Sejumlah Titik Api Sudah Dipadamkan

- 26 Agustus 2023, 07:05 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan Pemantauan Udara dan Lapangan KLB Kebakaran TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, Jumat, 25 Agustus 2023./Rizal FS/Adpim Jabar/
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan Pemantauan Udara dan Lapangan KLB Kebakaran TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, Jumat, 25 Agustus 2023./Rizal FS/Adpim Jabar/ /

GALAMEDIANEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turun langsung memimpin upaya penanganan kebakaran di TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jumat, 25 Agustus 2023.

Ridwan Kamil menyatakan, kebakaran yang terjadi sudah mulai teratas. Hal itu bisa dilihat dari beberapa titik api yang sudah padam di TPA Sarimukti.

"Sarimukti per hari ini (kemarin) situasi lebih baik dari kemarin, titik-titiknya sudah banyak yang berhasil dipadamkan," katanya.

Baca Juga: Rahasia Promil Sukses Menurut Dr. Zaidul Akbar: Jurus Ikhlas yang Paling Top

Menurutnya, upaya pemadaman akan terus dilakukan di titik-titik lainnya dengan mengerahkan sementara 12 truk pemadam kebakaran di seluruh Jabar.

Selain itu, Ridwan Kamil juga mengatakan, proses pemadaman akan menggunakan air yang bakal dicampur dengan bahan khusus.

Hal itu dilakukan lantaran kandungan gas metan di bawah gunungan sampah menyulitkan proses pemadaman yang sudah berhari-hari dilakukan.

"Karena kita tahu tumpukan sampah ini ada gas metan yang panas dan menimbulkan potensi kebakaran kalau ada oksigen. Jadi airnya bukan H2O biasa, tapi sudah tercampur sesuatu yang sangat istimewa," jelas dia.

Penanggulangan sampah

Menyoal penumpukan sampah di kawasan Bandung Raya yang terjadi imbas kebakaran di TPA Sarimukti, Gubernur Ridwan Kamil akan membuat lokasi penampungan sampah perkotaan sementara. Tempatnya tidak jauh dari TPA Sarimukti.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x