Api di TPA Sarimukti Belum Padam, Hengky Kurniawan Segera Kirim Surat Permohonan Bantuan ke Depo Pertamina

- 24 Agustus 2023, 22:56 WIB
Kondisi kepulan asap dampak kebakaran di TPA Sarimukti /Foto :Deni Supriatna /Galamedia News /
Kondisi kepulan asap dampak kebakaran di TPA Sarimukti /Foto :Deni Supriatna /Galamedia News / /

GALAMEDIANEWS - Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) di Mapolres Cimahi dalam rangka penangulangan bencana kebakaran yang terjadi TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. 

Dalam Rakor tersebut, Hengky Kurniawan telah mengeluarkan surat keputusan (SK) Tanggap Darurat Bencana terhadap kejadian kebakaran TPA Sarimukti.  

Menurut Hengky Kurniawan, Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat segera melakukan mitigasi awal dengan menghentikan segala aktifitas dan merelokasi warga yang ada disekitar lokasi kebakaran TPA Sarimukti. 

"Kami juga telah mendirikan posko kesehatan, BPBD, Damkar dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan perut para petugas yang sedang bertugas di TPA Sarimukti," kata Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan di Mapolres Cimahi, Kamis, 24 Agustus 2023. 

Baca Juga: Hengky Kurniawan Tinjau Kondisi Kebakaran TPA Sarimukti, Harapkan Bantuan Pemerintah Pusat Segera Datang

Oleh sebab itu, Hengky Kurniawan berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pusat segera turun tangan membantu menanggulangi kebakaran ini. 

Pasalnya, Hengky Kurniawan menyebutkan, hingga saat ini petugas pemadam kebakaran baik dari Kabupaten Bandung Barat maupun kabupaten tetangga masih belum berhasil memadamkan api yang semakin meluas akibat faktor cuaca yang ekstrim. 

Mengingat kondisi tersebut, Hengky Kurniawan menyampaikan, pihaknya khawatir kebakaran ini dapat menyebabkan TPA Sarimukti meledak seperti yang menimpa TPA Leuwigajah belasan tahun lalu.

Sehingga, Hengky Kurniawan menambahkan, perlunya kajian dari tim akademisi agar dapat diperoleh solusi terbaik.  

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah