Pengiriman Sampah Kota Bandung ke TPA Sarimukti Bisa Berkurang 100 Ton per Hari Berkat 3 TPST

- 22 Agustus 2023, 13:25 WIB
TPST Cicukang Holis.
TPST Cicukang Holis. /Bandung.go.id/

GALAMEDIANEWS - Pengangkutan sampah dari Kota Bandung ke TPA Sarimukti Bandung Barat bisa berkurang sebanyak 100 ton per hari dari 150-160 ton per hari.

Hal itu memungkinkan apabila Kota Bandung telah mengoperasikan secara optimal Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Nyengseret, Taman Tegalega dan Cicabe.

Seperti diketahui, Kota Bandung telah mendapatkan bantuan terkait pembangunan TPST dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk di tigas lokasi, yakni Nyengseret, Taman Tegalega dan Cicabe.

"Kota Bandung dapat bantuan dari Kementerian PUPR pada tahun ini 3 lokasi TPST di Kota Bandung, berlokasi di Nyengseret, Taman Tegalega dan Cicabe," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudi Prayudi, dalam keterangan persnya, Selasa, 22 Agustus 2023.

Disebutkan, TPST tersebut nantinya bakal mengolah sampah dengan hasil menjadi Refuse Derived Fuel (RDF). Pengelolaan sampah inidengan memodernisasi pembuangan limbah dengan memanfaatkan teknologi RDF menjadikan sampah sebagai sumber energi terbarukan untuk alternatif batu bara.

Baca Juga:  3 SMA Terbaik di Semarang, Sekolah-sekolah Unggulan dan Berkarakter

Namun soal waktu pengoperasian, Dudi mengatakan, saat ini masih dalam agenda penunjukan pihak ketiga. "Sampai Juni 2024 kontrak pembangunannya oleh Kementerian PUPR. Selama 10 bulan pendampingan. Kemudian, setelah itu diserahkan ke kami (Pemkot Bandung) untuk dioperasikan dan di anggarkan pada APBD, " ujarnya.

Untuk prototipenya, ia mengatakan, sudah dilakukan di TPST Cicukang Holis. Di tempat tersebut mampu mereduksi sampah menjadi 10 ton per hari.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x