Fikom Unisba bekerjasama dengan Tular Nalar : Menumbuhkan Literasi Media

- 30 Agustus 2023, 20:36 WIB
PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa Fikom Unisba bekerja sama dengan Tular Nalar
PPK Ormawa Badan Eksekutif Mahasiswa Fikom Unisba bekerja sama dengan Tular Nalar /Fikom Unisba/


GALAMEDIANEWS – Dalam semangat pemberdayaan perempuan desa melalui pendidikan yang relevan, Sekolah Perempuan Koper Athena dengan bangga meluncurkan program pembelajaran Literasi Media khusus untuk perempuan desa Pakuhaji, Bandung Barat.

Dalam pelaksanaannya, Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (BEM Fikom Unisba) bekerja sama dengan Tular Nalar, organisasi yang memiliki fungsi menghadirkan materi pembelajaran seru terkait literasi media untuk melatih kemampuan berpikir kritis yang dapat diakses oleh semua orang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai media, mendorong berpikir kritis, dan mengajarkan perempuan desa dalam menggunakan media secara bijak dan bertanggung jawab.

Dalam era digital seperti sekarang, kemampuan literasi media menjadi semakin penting bagi semua kalangan. Program ini memberikan wawasan serta keterampilan bagi rombongan belajar dengan tujuan untuk memahami berbagai jenis media, mengevaluasi sumber informasi secara kritis, mengenali bias, serta memilah konten yang dapat dipercaya.

Baca Juga: BEM Fikom Unisba 2023 Gelar Program Pemberdayaan Perempuan Desa Pakuhaji Bandung

Program Literasi Media ini menghadirkan serangkaian sesi interaktif, termasuk:

1. Pengenalan Pengaruh Media: Para peserta belajar mengenai bagaimana media mempengaruhi opini dan pandangan, serta cara mengenali jenis-jenis pengaruh media.

2. Mengenali Informasi Tidak Benar dan Berita Palsu: Melalui contoh nyata, para peserta mempelajari cara mengenali informasi yang menyesatkan dan membedakan sumber informasi yang sahih.

3. Analisis Media Visual: Sesi ini membantu para peserta dalam memahami bahasa visual media, sehingga mereka dapat membaca pesan yang tersembunyi dalam gambar dan grafik.

4. Etika dalam Kewarganegaraan Digital: Peserta didik diajak untuk menjelajahi tanggung jawab dalam berinteraksi secara online, seperti berkomunikasi dengan sopan, menjaga privasi, dan menghindari perilaku yang merugikan.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Fikom Unisba


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah