Terima Kasih Pak Anies, Jaringan Internet Gratis di Jakarta Jadi Makin Luas

- 30 Agustus 2020, 20:57 WIB
JakWIFI, Wifi gratis untuk warga Jakarta.
JakWIFI, Wifi gratis untuk warga Jakarta. /Pikiran-Rakyat.com//Pikiran-Rakyat.com

GALAMEDIA - Di tengah masa pandemi Covid-19, Pemprov DKI Jakarta di bawah kendali Gubernur Anies Baswedan membuat sebuah langkah besar.

Pemprov DKI Jakarta bakal menyediakan jaringan wi-fi gratis di 5 wilayah kota dan 1 kabupaten administrasi. Penyediaan layanan Wi-Fi gratis itu dilakukan lewat program Internet untuk Semua-JakWIFI.

Program tersebut diadakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penyediaan wi-fi gratis di daerah-daerah yang tidak terjangkau layanan internet gratis. Saat ini, program tersebut akan lebih difokuskan pada kawasan permukiman padat penduduk.

Baca Juga: Harganya Lebihi Saat Idul Adha, Seekor Domba Laku Terjual Rp 7,1 Miliar

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, kehadiran JakWIFI memiliki tujuan yang mulia. Dalam skala luas, kejadirannya tak cuma untuk pendidikan, tetapi juga bagian dari penyediaan infrastruktur kota.

"Ini merupakan perluasan akses internet untuk kebutuhan masyarakat yang melingkupi banyak sektor, dari pendidikan, ekonomi/usaha, layanan pemerintah, dan komunikasi warga," terang Anies.

Peluncuran JakWIFI dilakukan secara virtual bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania serta Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) Muhammad Arif.

Baca Juga: Ingin 'Buang' Luis Suarez, Barcelona Harus Rogoh Kocek Sekitar Rp 242 Miliar

Para wali kota/Bupati di wilayah masing-masing juga ikut hadir secara virtual, termasuk perwakilan dari masyarakat, pada Jumat, 28 Agustus 2020 lalu.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) Muhammad Arif menyatakan, peluncuran JakWIFI merupakan tindaklanjut dari penandatanganan MoU dengan Pemprov DKI Jakarta, pada Rabu, 19 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x