Bahaya Penipuan Modus File Berekstensi Android Package Kit Bisa Bikin Rekening Jebol

- 13 Mei 2024, 07:40 WIB
Bahaya penipuan eksistensi Android Package Kit
Bahaya penipuan eksistensi Android Package Kit /freepik/@wirestock/

GALAMEDIANEWS – Sungguh bahaya sekali penipuan dengan modus file berekstensi Android Package Kit (APK) bisa bikin kantong jebol karena menguras rekening korban.

Penipuan APK ini biasanya dilakukan dengan maksud untuk mengambil data pribadi korban dan akhirnya diperjualbelikan, cara kerjanya dengan mengirimkan link berisi ajakan untuk sedekah, undangan buka puasa, undangan pernikahan, hingga penerimaan paket yang tidak dipesan.

Cara bagaimana penipu mengambil data pribadi lainnya dengan mengirimkan SMS, Whatsapp dan sosial media kepada target dan diimingi akan diberikan hadiah.

Baca Juga: Apa Manfaat Punya Banyak ATM? Berikut Manfaatnya

Hanya saja anehnya APP ini tidak tersedia di Google Play Store, hadiah atau bonus dari suatu program, informasi penting berkaitan dengan keuangan, pekerjaan, dan hal lainnya dan ketika satu klik saja malware bakal menyerang.

Bisa jadi yang menakutkan pihak penipu akan menyebarkan malware ke perangkat lain, mengendalikan perangkat untuk melakukan aktivitas penipuan melalui perangkat Galameders, memeras korban dengan menyebarkan data pribadi.

Baca Juga: Jangan Tertipu Tawaran Terlalu Bagus, Hati-Hati Penipuan Online

TIPS HINDARI PENIPUAN EKSISTENSI ANDROID PACKAGE KIT

Dikutip dari Bank Indonesia pada Senin, 13 Mei 2024. Berikut ini cara untuk terhindar dari penipuan berekstensi Android Package Kit:

1. Matikan koneksi Internet : kalau terlanjur klik file APK penipuan sebaiknya segera matikan koneksi internet dari WIFI atau data seluler guna untuk menghentikan malware yang terkandung dalam APK

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Bank Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah