Pandemi Covid-19 Ubah Perilaku Pelanggan, Kecenderungannya Menomorduakan Harga

- 1 September 2020, 14:32 WIB
Perilaku Pelanggan di Masa Pandemi ini berubah, kecenderungannya menomorduakan harga, lebih memilih nilai. Foto Ilustrasi
Perilaku Pelanggan di Masa Pandemi ini berubah, kecenderungannya menomorduakan harga, lebih memilih nilai. Foto Ilustrasi /

 

GALAMEDIA - Pandemi Covid-19 ternyata mengubah perilaku pelanggan di seluruh dunia. Menurut laporan Tinjauan Big Data 2020 terhadap Dampak Covid-19 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), penjualan online di Indonesia pada Februari-Juli 2020 meningkat tajam dibanding penjualan di Januari 2020.

Penjualan online di Indonesia melonjak 320% di Maret 2020 dan 480% di April 2020. Menurut lembaga survei konsumen Nielsen, 30% konsumen merencanakan untuk lebih sering berbelanja secara online sejak pandemi Covid-19 merebak.

Selain itu, alokasi pengeluaran keluarga juga meningkat pada pangan pokok sebesar 61.1%, perlengkapan kesehatan dan sanitasi/kebersihan sebesar 76% serta vitamin/suplemen sebesar 55%.

Baca Juga: Covid-19 Banyak Telan Korban Jiwa, Tak Sedikit Dokter dan Tenaga Kesehatan Mundur dari Rumah Sakit

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh sebuah konsultan manajemen multinasional McKinsey diisyaratkan kecenderungan konsumen yang menomorduakan harga dan lebih mementingkan nilai produk di masa pandemi.

Hal ini menunjukkan sikap konsumen yang mengutamakan manfaat khususnya yang menyangkut aspek kesehatan. Produk makanan dan minuman sehat kaya gizi seperti
susu , suplemen, menjadi hal yang paling dicari oleh konsumen selain produk-produk kebutuhan sanitasi, seperti sabun, tisu, atau pembersih.

"Produk kesehatan seperti makanan sehat, suplemen, minuman kaya gizi seperti susu dan yoghurt menjadi barang yang paling dicari. Karena saat ini konsumen lebih fokus pada produk-produk yang memiliki nilai bagi kesehatannya," ungkap Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB, Dr. Megawati Simanjuntak dalan keterangan persnya, Selasa, 1 September 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bereaksi, Epidemiolog Tampar Pemerintah Soal Kegagalan Pengendalian Pandemi Covid-19

Ia menyarankan agar konsumen lebih cerdas ketika memutuskan berbelanja produk-produk ini secara online. Dan jeli memperhatikan dan memahami produk yang ditawarkan penjual.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x