Kronologi Kebakaran Museum Nasional, Sekuriti Dengar Ledakan Besar Akibat Korsleting

- 17 September 2023, 11:27 WIB
Kebakaran Museum Nasional Hari Sabtu 16 September 2023
Kebakaran Museum Nasional Hari Sabtu 16 September 2023 /Antara / Fakhri Hermansyah/

 

GALAMEDIANEWS – Kebakaran Museum Nasional yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 16 September 2023 diduga terjadi akibat korsleting bedeng proyek. Museum Nasional atau Museum Gajah terletak di jalan Medeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

Kebakaran tersebut diduga berasal dari korsletingnya bedeng proyek yang berada di proyek lokasi renovasi. Hal tersebut dibenarkan oleh petugas, bahwa korsleting tersebut merupakan pemicu kebakaran yang terjadi di Museum Nasional.

Si jago merah pun melahap gedung Museum Nasional Blok A. Bagian gedung tersebut merupakan ruang pameran lokasi yang berada di Museum Nasional.

“Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," Ujar Asril Rizal selaku Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan di Jakarta pada hari Sabtu 16 September 2023.

Baca Juga: KEBAKARAN Museum Nasional, Api Berkobar Hebat, Asap Membumbung Tinggi

Kebakaran tersebut bermula saat Sekuriti sedang melaksanakan apel. Lalu sekitar pukul 19.58 terjadi ledakan besar dari daerah bedeng proyek renovasi Museum Nasional. Setelah terjadi ledakan tersebut, alarm kebakaran di Gedung Museum Nasional pun berbunyi. Lalu petugas pun melakukan pengecekan di lokasi dan melihat api sudah membesar serta melahap gedung A.

Kejadian kebakaran di Museum Nasional pada hari Sabtu kemarin membuat Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat mengerahkan 32 personel serta 8 mobil pemadam untuk melakukan pemadakan di Museum Nasional.

Pengerahan awal dilakukan dengan mengirimkan 7 unit mobil pemadam kebakaran serta 21 personel pada pukul 20.09 WIB.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah