Sampah Kota Bandung Menumpuk Berhari-hari, Ema Sumarna Prioritaskan Angkut yang Berada di Pinggir Jalan

- 20 September 2023, 17:55 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna prioritaskan mengangkut sampah Kota Bandung yang berada di pinggir jalan.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna prioritaskan mengangkut sampah Kota Bandung yang berada di pinggir jalan. /Humas Kota Bandung/

GALAMEDIANEWS - Sedikitnya puluhan ton sampah telah selama 20 hari menumpuk di TPS Taman Cibeunying sebagai dampak kebakaran TPA Sarimukti beberapa pekan lalu. Seiring hal itu, Pemkot Bandung mulai mengangkut sampah tersebut, Rabu, 20 September 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku prihatin dengan kondisi sampah di TPS Taman Cibeunying yang sudah terlalu lama menumpuk.

"Saya minta maksimal dua hari harus sudah selesai untuk menjadi prioritas dibuang ke TPA Sarimukti. Mungkin sudah sampai 20 hari menumpuk. Ini tidak boleh sebetulnya," ungkap Ema.

Dengan begitu, Ema menargetkan, minimal 12 ton sampah harus bisa ditarik ke Sarimukti hari ini, Rabu 20 September 2023. Semua kendaraan bakal dikerahkan, baik punya Pemkot Bandung atau dari hasil sewa.

Baca Juga: JANGAN ANGGAP ENTENG! Ini 6 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Sehubungan hal itu, Ema pun mengimbau kepada masyarakat agar mulai sadar dengan kondisi kedaruratan sampah. Masyarakat harus menjadikan momentum tersebut untuk sadar dan membiasakan diri memilah sampah.

"Kalau yang organik itu semua sudah selesai di rumah tangga, berarti beban ke kita ini signifikan dampaknya. Sebab kalau dikumulatifkan rata-rata sekitar 60 persen merupakan sampah organik," jelasnya.

"Kalau sekarang ini organik selesai di rumah atau di lingkungan berarti ke sini (TPS) hanya tinggal 40 persen yang anorganik. Anorganik kerja sama dengan pemulung. Sisanya (residu) diangkut ke TPA," lanjut Ema.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x