Zelensky Tiba di Gedung Putih Bertemu Joe Biden

- 22 September 2023, 16:22 WIB
Zelensky tiba di Gedung Putih bertemu Joe Biden
Zelensky tiba di Gedung Putih bertemu Joe Biden /Pixabay @12019/
 
GALAMEDIANEWS - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meyakinkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa dukungan kuat negaranya untuk mengusir Rusia akan tetap dipertahankan, meski ada penolakan dari beberapa anggota parlemen Partai Republik untuk mengirimkan bantuan miliaran dolar lagi. Hal ini disampaikan Biden saat bertemu, dengan Zelensky di Ruang Timur Gedung Putih pada Kamis 21 September 2023.


Pertemuan dilakukan sebagai bagian dari serangkaian penampilan Zelensky untuk meningkatkan dukungan AS terhadap perang yang belum terlihat akan berakhir. Zelensky disambut oleh Biden dan pasukan penghormatan di luar Gedung Putih. Dia menggambarkan kunjungannya sebagai sangat penting.

"Kami sangat menghargai bantuan yang diberikan Amerika Serikat untuk memerangi teror Rusia, sungguh teror," kata Zelensky kepada Biden di Oval Office.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan kepada Zelensky bahwa dia akan memastikan dunia bersatu mendukung Ukraina dan melawan invasi Rusia.
 
Baca Juga: The Fed Pivot: Kebijakan Suku Bunga dan Dampaknya terhadap Ekonomi Amerika

"Tuan Presiden, kami bersama Anda, kami tetap bersama Anda," kata Biden kepada Zelensky dan menjabat tangannya setelah dua jam perundingan,

"Zelensky duduk bersama Biden di bawah potret mantan presiden George Washington dan Abraham Lincoln dan membaca sambutan yang telah disiapkan dari kartu, Zelensky juga berterima kasih kepada Kongres atas "dukungan yang sangat besar."

Biden memuji! keberanian luar biasa rakyat Ukraina saat mereka melawan invasi Rusia, dan menambahkan bahwa rakyat Amerika bertekad untuk memastikan bahwa kami melakukan semua yang kami bisa untuk memastikan dunia mendukung Anda.

"Kami mendukung perdamaian yang adil dan abadi, yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina," ujar Biden.

Baca Juga: Wabah Lepra di Amerika: Peningkatan Kasus dan Ancaman Kesehatan

Kunjungan Zelensky yang kedua pada masa perang ke Washington menghadapi situasi politik yang jauh lebih rumit dibandingkan ketika ia disambut sebagai pahlawan pada bulan Desember 2022.

Meskipun Gedung Putih mengumumkan akan memberinya "kemampuan pertahanan udara yang signifikan," namun tidak ada kesepakatan untuk menyediakan rudal jarak jauh yang didambakan Zelensky.

Dan di Kongres, para pemimpin Partai Republik dan Demokrat terjebak dalam pertarungan belanja yang sengit yang dapat memicu penutupan pemerintahan AS, dan paket bantuan senilai $24 miliar untuk Ukraina juga terancam.***
 

Editor: Lina Lutan

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x