Wabah Lepra di Amerika: Peningkatan Kasus dan Ancaman Kesehatan

- 3 Agustus 2023, 18:00 WIB
Armadillo / Pixabay @SCPotter1948
Armadillo / Pixabay @SCPotter1948 /

GALAMEDIANEWS - Amerika menghadapi tantangan serius dengan meningkatnya kasus lepra di beberapa wilayah, terutama di Florida. Lepra, atau dikenal juga sebagai Hansen's Disease, telah lama dianggap jarang di negara ini, namun seiring waktu, penelitian mengindikasikan penyebarannya di antara populasi.

 

Laporan terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat bahwa jumlah kasus lepra di wilayah tenggara Amerika Serikat meningkat lebih dari dua kali lipat dalam dekade terakhir, dan Florida merupakan salah satu negara bagian yang melaporkan angka tertinggi.

Wilayah Tengah Florida, khususnya, mencatat 81% dari total kasus di Florida dan hampir satu dari lima kasus secara nasional.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana penularan lepra terjadi, namun para ilmuwan percaya bahwa bakteri Mycobacterium leprae, penyebab lepra, mungkin menyebar melalui percikan saat seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Penularan ini membutuhkan kontak dekat dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dengan seseorang yang tidak diobati dari penyakit ini.

Meskipun beberapa armadillo yang hidup di wilayah Tenggara Amerika Serikat juga terinfeksi bakteri penyebab lepra, risiko penularan dari hewan ini sangat rendah.

Baca Juga: Cara Ampuh Meredakan Penyakit Kolesterol Ala dr Zaidul Akbar

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: cdc.gov


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x