Kalian Lulusan SMA? Ingin Daftar Jadi CPNS Disini Link nya

- 23 September 2023, 14:24 WIB
Ilustrasi: Link daftar jadi CPNS  dari lulusan SMA
Ilustrasi: Link daftar jadi CPNS dari lulusan SMA / Pixabay @gahsoon/

GALAMEDIANEWS - Pemerintah turut memberi kesempatan, bagi lulusan SMA sederajat untuk mengikuti CPNS 2023. Sehingga, posisi ini tidak hanya ditujukan bagi lulusan perguruan tinggi saja. Dengan begitu, apabila pendidikan terakhirmu adalah SMA dan punya keinginan untuk mengikuti CPNS, tak ada salahnya mengambil kesempatan ini.

 

Nah, berikut Glints berikan beberapa instansi yang bisa kamu lamar jika tertarik untuk mengikuti CPNS 2023, berdasarkan lowongan yang dibukanya di tahun 2019 lalu.

Total penghasilan yang ditawarkan untuk kebutuhan penjaga tahanan baik pria maupun wanita sama, yaitu dalam rentang Rp5,71 juta sampai dengan Rp6,26 juta. Paling banyak untuk kebutuhan di Jawa Tengah sebanyak Rp1,15 orang.

Selain Kemenkumham, kebutuhan lulusan SMA juga diumumkan Kejaksaan Agung, untuk formasi 2.198 penjaga tahanan dengan penghasilan Rp5,66 juta sampai dengan Rp7,06 juta hingga pengelola penanganan. Perkara khusus untuk CPNS penyandang disabilitas sebanyak 57, formasi dengan nominal gaji yang ditawarkan sama. 

Baca Juga: LOWONGAN CPNS 2023, Berikut Sejumlah Jurusan yang Paling Banyak Dibutuhkan dan Jadwal Lengkap

 



Selain CPNS, pengadaan PPPK juga dibuka untuk lulusan SLTA atau SMA sederajat. Di antaranya adalah pemadam kebakaran di pemerintah daerah, seperti di Kabupaten Barito Selatan untuk 41 formasi dengan tawaran pendapatan Rp3 juta sampai Rp4 juta. Demikian juga di Kabupaten Landak untuk 105 formasi pemadam kebakaran dengan gaji Rp2,33 juta sampai Rp3 juta.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, atau BKKN juga membutuhkan lulusan SLTA atau SMA sederajat untuk pengadaan PPPK Teknis. Seperti petugas lapangan keluarga berencana di berbagai daerah dengan gaji atau pendapatan Rp2,51 juta sampai dengan Rp6,74 juta.

Dikutip dari akun Tiktok resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), tahun 2023 ini terdapat 596 Instansi yang membuka lowongan. Masing-masing 72 Kementerian dan Lembaga, 33 Pemerintah Provinsi dan 491 Pemerintah Kota/Kabupaten.

Adapun jumlah total formasi yang dibuka sebanyak 572.299 formasi. Formasi tersebut terdiri dari 28.903 formasi CPNS dan 543.396 formasi untuk PPPK.

1. Kejaksaan RI

Kepegawaian Kejaksaan Agung
Kejaksaan Republik Indonesia menjadi salah satu instansi yang membuka lowongan formasi untuk lulusan SMA-SMK sederajat. Bagi yang ingin menjadi bagian dari Kejaksaan, bisa mendaftar di CPNS dan PPPK kejaksaan tahun ini.

Untuk tahun ini, kejaksaan membuka 2 formasi untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat. Masing-masing sebagai berikut:

Pengelola Penanganan Perkara: 2.142 formasi

Lulusan SLTA atau setara
bertugas untuk melakukan kegiatan penyiapan bahan dan pengelolaan administrasi penanganan perkara di bidang pidana, intelijen penyelenggara penegakan hukum, perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), Tindak Pidana Militer.
Penjaga Tahanan: 2.258 formasi

Lulusan SLTA atau sederajat
bertugas melakukan penjagaan, pembinaan, pengawalan dan pengelolaan tahanan.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2023 Resmi Dibuka, Simak Syarat, Jadwal Lengkap dan Informasi Penting di Sini

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x