Hari Kesaktian Pancasila! Jokowi memimpin langsung Berdoa di Sumur Lubang Buaya

- 1 Oktober 2023, 14:03 WIB
Presiden Jokowi memimpin upacara hari Kesaktian Pancasila secara langsung, di monumen Pancasila Sakti.
Presiden Jokowi memimpin upacara hari Kesaktian Pancasila secara langsung, di monumen Pancasila Sakti. /Instagram @smindrawati/

GALAMEDIANEWS - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf amin didampingi panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit, melangsungkan apel memperingati hari Kesaktian Pancasila, pada 1 Oktober 2023.

Sesudah menjalani apel Jokowi selaku inspektur upacara, langsung meninjau lokasi sumur tempat dikuburnya 7 Pahlawan Revolusi.

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, lubang Buaya Jakarta Timur, selesai pelaksanaan upacara Jokowi meninjau serta berdoa di Sumur Lubang Buaya. Momen tersebut, terjadi pada usai pelaksanaan upacara turut hadir dalam peninjauan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu lah, para Menteri Kabinet Indonesia Maju mengikuti Jokowi untuk meninjau Sumur Lubang Buaya. Peninjauan diiringi lagu Gugur Bunga Karya Ismail Marzuki.

Sampai di depan Sumur Lubang Buaya, Jokowi tampak berdoa bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Jokowi bersama sejumlah menteri mengambil sikap berdoa mengangkat kedua tangan. 

Baca Juga: Medali Emas Asian Games 2023 ke 4 Telah Datang untuk Indonesia dari Balap Sepeda Putri

Sebagai informasi, Sumur Lubang Buaya adalah tempat pembuangan perwira Angkatan Darat yang menjadi korban G30S PKI, tubuh mereka dimasukkan ke dalam lubang kecil, sehingga lebih dari satu orang menumpuk di dalamnya. Para korban yang sudah dievakuasi dari Lubang Buaya kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan kalibata Jakarta Selatan. 

"Presiden dan Wakil Presiden meninjau lokasi sumur Lubang Buaya," ujar pembawa acara tersebut, seperti dikutip dari siaran daring YouTube sekretariat Presiden, Minggu 1 September 2023.

Mereka pun berjalan perlahan, dengan diiringi lagu gugur bunga oleh paduan suara pelajar sekolah, sesampainya di depan sumur. Semuanya pun memanjatkan doa singkat seraya mendoakan mereka yang telah gugur.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x