Malaysia Desak Indonesia Tangani Kebakaran Hutan di Kalimantan Imbas dari Krisis Kabut Asap

- 6 Oktober 2023, 10:07 WIB
Ilustrasi Kebakaran Hutan
Ilustrasi Kebakaran Hutan /Deep Rajwar/pexel/

GALAMEDIANEWS - Malaysia telah memanggil Indonesia dan anggota ASEAN untuk mengatasi masalah kabut asap yang semakin memburuk di seluruh negeri akibat kebakaran hutan di Indonesia. 

Kualitas udara di Malaysia telah mencapai tingkat yang tidak sehat, dan Malaysia menyalahkan Indonesia sebagai penyebabnya.

Kebakaran hutan di Indonesia, yang umumnya terjadi saat musim kemarau untuk membersihkan lahan bagi perkebunan kelapa sawit dan industri pulp dan kertas, telah menyebabkan asap menyebar ke seluruh kawasan ini, menimbulkan risiko bagi kesehatan masyarakat dan kekhawatiran bagi sektor pariwisata serta maskapai penerbangan. 

Beberapa perusahaan yang memiliki perkebunan ini adalah perusahaan asing atau terdaftar di luar negeri.

Baca Juga: 3 Rekomendasi hotel murah Murah Dekat dengan Kawasan Kota Tua Jakarta dan Tempat Wisata Lainnya

Kebakaran hutan pada tahun 2015 dan 2019 telah membakar jutaan hektar lahan dan menghasilkan rekor emisi yang mengakibatkan kerusakan yang serius.

Mengutip dari Reuters, Menteri Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Perubahan Iklim Malaysia, Nik Nazmi Nik Ahmad, telah mengirim surat kepada Indonesia untuk mendorong tindakan penanganan kabut asap. Ia menekankan bahwa sebagian besar kebakaran terjadi di Indonesia.

Baca Juga: 4 Tempat Nongkrong Hits Populer di Semarang, Tawarkan Spot Instagramable dengan View Bagus

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x