Berikut Kronologi Serangan Hamas Sabtu Kemarin Terhadap Pihak Penjajah Zionis Israel

- 8 Oktober 2023, 07:27 WIB
Asap mengepul setelah serangan Israel di Gaza 
Asap mengepul setelah serangan Israel di Gaza  /Mohammed Salem/Reuters/

GALAMEDIANEWS - Serangan mengejutkan oleh kelompok Palestina, Hamas, di Israel telah menggemparkan dunia. Operasi Al-Aqsa Flood yang terjadi saat hari raya Yahudi, Simchat Torah, merupakan gabungan serangan peluncuran roket dan tembusnya pasukan Hamas Palestina melalui perbatasan Gaza-Israel.

Serangan ini terjadi persis 50 tahun setelah Mesir dan Suriah melancarkan serangan pada hari raya Yom Kippur untuk merebut kembali wilayah yang telah dikuasai oleh Israel setelah konflik singkat pada tahun 1967.

Kronologi Serangan Sabtu 08 Oktober 2023

03:30 GMT (10:30 WIB) - Hujan Roket:

Sekitar pukul 03:30 GMT (10:30 WIB), Hamas meluncurkan hujan roket besar-besaran ke selatan Israel. Sirene bahkan terdengar hingga ke Tel Aviv dan Beersheba.
Hamas mengklaim telah meluncurkan 5.000 roket dalam serangan pertama ini, sedangkan militer Israel menyebutkan angka 2.500 roket.

Akibat serangan roket ini, asap membumbung di wilayah pemukiman Israel, dan warga berlindung di balik bangunan. Setidaknya satu wanita dilaporkan tewas akibat serangan roket ini.

"Kami mengumumkan dimulainya Operasi Al-Aqsa Flood dan kami mengumumkan bahwa serangan pertama ini, yang menargetkan posisi musuh, bandara, dan benteng militer, melibatkan lebih dari 5.000 misil dan peluru," kata Mohammed Deif, kepala Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas.

Baca Juga: Israel Deklarasi Siap Perang Usai Serangan Badai Al-Aqsa Palestina dengan 5.000 Roket

04:40 GMT (11:40 WIB) - Infiltrasi pada Fajar:

Serangan roket digunakan sebagai penutup bagi serangan besar-besaran pejuang Palestina. Pukul 04:40 GMT (11:40 WIB), sumber militer Israel melaporkan bahwa para penembak Palestina telah menyeberang ke Israel.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x