Dispangtan Kota Cimahi Hentikan Program Vaksin Rabies dan Flu Burung Gratis Akibat Pandemi Covid-19

- 7 September 2020, 21:27 WIB
Seorang petugas dari Disnakan Kabupaten Bandung Barat melakukan suntik vaksinasi rabies terhadap seekor anjing milik warga Kabupaten Bandung Barat, Minggu (1/9/2019).
Seorang petugas dari Disnakan Kabupaten Bandung Barat melakukan suntik vaksinasi rabies terhadap seekor anjing milik warga Kabupaten Bandung Barat, Minggu (1/9/2019). /

GALAMEDIA -Vaksinasi rabies dan flu burung gratis yang diinisiasi Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi ke kelurahan-kelurahan, dihentikan sementara. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus korona atau Covid-19.

Namun bagi warga yang akan memvaksin hewan peliharaannya, Dispangtan mempersilahkan warga datang ke kantor Dispangtan Kota Cimahi di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah.

Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari menjelaskan, seiring munculnya pandemi Covid-19, vaksinasi dengan cara jemput bola ke kelularahan-kelurahan dihentikan sementara.

Baca Juga: Suhu Udara Cenderung Panas, BMKG Ungkap Perkembangan Musim Kemarau di Indonesia

"Untuk pelaksanaan kembali, Insya Allah dimulai lagi tahun depan. Karena untuk saat ini  masih belum boleh berkerumun," katanya, Senin 7 September 2020.

Seperti diketahui, setiap tahunnya Dispangtan Kota Cimahi selalu menyelanggaran vaksinasi rabies dan flu burung secara gratis. Untuk tahun ini sudah dilaksanakan sejak awal februari. Akhir Maret dihentikan sementara, karena muncul wabah Covid-19.

"Tahun ini kita siapkan 600 vaksin dari APBD Kota Cimahi, dan 300 vaksin bantuan provinsi. Untuk vaksin dari APBD sudah habis. Tinggal sisa yang bantuan provinsi sebanyak 300 vaksin," beber Mita.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Klaim Deklarasi KAMI Jabar di Bandung Berjalan Sukses

Pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi terkait adanya kebijakan vaksin yang datang langsung ke kantor Dispangtan, melalui kelurahan-kelurahan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x