Dari Cerita Sejarah Pangeran Kornel hingga Pasangan Akan Mengarungi Rumah Tangga Makna Titik 0 km

- 8 September 2020, 16:05 WIB
Tugu Titik 0 KM Sumedang-Bandung Diresmikan, Bupati: Bisa Dijadikan Foto Pre Weding
Tugu Titik 0 KM Sumedang-Bandung Diresmikan, Bupati: Bisa Dijadikan Foto Pre Weding /Ade Hadeli/

GALAMEDIA - Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, meresmikan Tugu Titik 0 (nol) Km, untuk acuan jarak Sumedang-Bandung sejauh 45 Kilometer, Selasa 8 Septeber 2020. Titik 0 Km, patokannya sekitar perempatan Apotek Pajaji Sumedang-Kantor Pos, Alun-Alun Bandung.

"Titik nol merupakan acuan atau marka tanah untuk menentukan jarak dari satu kota ke kota lainnya atau dari sebuah daerah ke daerah lainnya. Umumnya tepat di titik nol ini ditandai dengan bangunan, tugu atau patok," kata Dony.

Fungsi lain dari Titik 0 Kilometer adalah untuk memudahkan orientasi seseorang yang berada di dalam kota. Dulu, penomoran jalan juga berpatokan pada titik nol tersebut.

Baca Juga: Yuk Langgengkan Membaca Doa Sore Hari yang Biasa Dibaca Rasulullah

Semakin dekat dengan tugu maka nomor jalan semakin kecil dan sebaliknya semakin jauh dengan tugu tersebut maka nomor jalan akan semakin besar. Dengan demikian, orang yang berada di tengah kota bisa melakukan orientasi.

Dony berharap, patok 0 KM harus dijadikan sesuatu yang menarik dan menjadi salah satu ikon Sumedang. Seperti juga bangunan yang lain di Sumedang dan harus menjadi land mark seperti Lingga di tengah Alun-Alun Sumedang.

Sebut Dony Pemkab Sumedang sudah mendeklarasikan sebagai kabupaten wisata. Semua tempat harus menjadi destinasi wisata. Sehingga semua orang yang pernah datang ke Sumedang bisa berfoto, swafoto di tugu 0 km tersebut.

Baca Juga: 734 Pasangan Calon Siap Bertarung di Pilkada Serentak 2020, 155 Orang di Antaranya Kaum Perempuan

"Bahkan bagi yang mau menikah bisa melakukan pre weding di sana, sebagai tanda memulai mengarungi samudera rumah tangga bersama pasangan dari nol," ujarnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x