Kebakaran di Gunung Papandayan Cisurupan Garut Tadi Malam

- 23 Oktober 2023, 14:56 WIB
Lokasi kebakaran terjadi di kawasan blok Tegal Alun, material yang terbakar adalah merupakan semak - semak dan pepohonan.
Lokasi kebakaran terjadi di kawasan blok Tegal Alun, material yang terbakar adalah merupakan semak - semak dan pepohonan. /

GALAMEDIANEWS - Kawasan gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat terbakar pada Minggu malam 22 Oktober 2023 sekitaran pukul 19.30 WIB dan hingga pukul 21.30 WIB api dilaporkan masih menyala. Belum diketahui secara pastinya luasnya lahan dan hutan yang terbakar, namun kebakaran lahan dan hutan ( karhutla ) itu terjadi di blok Tegal Alun.

"Unit Reaksi Cepat Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Garut, Tono Hartono mengatakan pihaknya telah berangkat terlebih dahulu ke lokasi kejadian bersama tim gabungan. Sudah meluncur ke lokasi, unit damkar dan dinsos melalui Tagana juga meluncur ke lokasi kejadian tersebut,"

Lokasi kebakaran terjadi di kawasan blok Tegal Alun, material yang terbakar adalah merupakan semak - semak dan pepohonan. Petugas gabungan masih melakukan pemantauan mengantisipasi kebakaran sangat meluas, titik api sangat cukup jelas dari perkampungan warga di sekitaran.

Baca Juga: Titi Kamal Beberkan 5 Fakta Syuting Film Makmum 2 Mulai dari Jembatan di Gunung Papandayan, hingga Kesurupan

Kepala Polsek ( Kapolsek ) Cisurupan Iptu Asep Saepudin mengatakan kebakaran di kawasan Gunung Papandayan itu dilaporkan sekitaran pukul 19.30, berdasarkan pantauan sementara terlihat titik api berada di sekitaran Blok Tegal Alun kondisi masih menyala. Menurutnya lokasi kebakaran terbilang sangat jauh dari jangkauan karenanya, petugas di lapangan sementara ini melakukan pemantauan dan menyiapkan upaya antisipasi kebakaran meluas.

"Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PT Asri Indah Lestari ( AIL ) selaku pengelola Taman Wisata Alam ( TWA ), Gunung Papandayan Pengelola diminta sementara ini menutup aktivitas untuk mendaki. Ihwal ada atau tidaknya pendaki di Gunung Papandayan Kapolsek mengakui belum mendapatkan informasi," katanya.

kami pun belum konfirmasikan lebih lanjut lagi ke PT AIL, yang jelas sejak ada titik api manajemen diminta menutup pendakian. Kapolsek juga mengatakan saat ini, petugas gabungan masih bersiaga memantau lokasi kebakaran tim gabungan TNI polri dan stakeholder terkait masih stand by. Api masih sangat besar dan kamu bersama TNI dari Koramil Cisurupan akan melakukan upaya pemadaman, ujar Asep.

Baca Juga: Polres Garut Selidiki Adanya Dugaan Alih Fungsi Lahan di Kawasan Gunung Papandayan

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x