Sumber Analisis Bias Pengeboman RS Baptis Al-Ahli BBC dari Individu dengan Hubungan ke Pemerintah Israel

- 26 Oktober 2023, 07:39 WIB
Warga Palestina membawa barang-barang mereka meninggalkan rumah sakit al-Ahli, tempat mereka berlindung, di Kota Gaza, Rabu, 18 Oktober 2023
Warga Palestina membawa barang-barang mereka meninggalkan rumah sakit al-Ahli, tempat mereka berlindung, di Kota Gaza, Rabu, 18 Oktober 2023 /AP/Abed Khaled/

GALAMEDIANEWS - Sebuah laporan investigasi yang diterbitkan oleh BBC telah menciptakan kontroversi mendalam terkait pengeboman Al-Ahly Baptist Hospital yang mengguncang dunia. Laporan tersebut menyalahkan faksi perlawanan Palestina atas serangan tersebut. Namun, sejumlah ahli telah mempertanyakan integritas laporan ini, terutama terkait dengan sumber informasi yang digunakan oleh BBC. Mari kita selami lebih dalam laporan ini.

Pada tanggal 20 Oktober, situs web resmi BBC Britania Raya mempublikasikan sebuah investigasi yang menyalahkan faksi perlawanan Palestina atas pengeboman Al-Ahly Baptist Hospital. Laporan tersebut mengandalkan informasi dari sejumlah ahli. Namun, pertanyaan muncul mengenai siapa sebenarnya para individu yang memberikan informasi kepada BBC?

Baca Juga: Gaza: 6.500 Warga Palestina Tewas, 2.500 diantaranya Anak Anak, Israel Kembali Serang Tepi Barat Palestina

Valeria Scuto

Salah satu individu yang disebutkan dalam investigasi adalah Valeria Scuto, yang ternyata menjabat sebagai editor-in-chief dari pusat penelitian Israel, The International Counter-Terrorism Review (ICTR). Pusat ini terafiliasi dengan International Institute for Combating Terrorism (ICT), yang merupakan salah satu proyek di Universitas Reichmann di Israel.

 

Justin Bronk 

Justin Bronk adalah seorang peneliti utama di Royal United Services Institute (RUSI) di Britania Raya. RUSI mendapatkan pendanaan dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Pertahanan Britania Raya, Angkatan Darat Britania Raya, dan perusahaan Britania BAE Systems, yang terlibat dalam pembuatan sistem Iron Dome Israel.

 

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: x.com EekadFacts


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah