Situ Ciburuy Ternyata Menyimpan 'Harta Karun', Setiap Hari Jadi Incaran Anak-anak

- 9 September 2020, 12:30 WIB
Sejumlah anak tengah mencari lobster di Situ Ciburuy, Rabu, 9 September 2020. (Dicky Mawardi/Galamedia)
Sejumlah anak tengah mencari lobster di Situ Ciburuy, Rabu, 9 September 2020. (Dicky Mawardi/Galamedia) /

GALAMEDIA - Sekelompok anak usia sekolah dasar tampak asyik bermain air di Situ Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 9 September 2020 siang.

Sesekali mereka menenggelamkan seluruh tubuhnya ke dalam air yang hangat tersengat sinar matahari. Ternyata mereka bukan tengah bermain air.

Lalu apa yang sedang mereka lakukan? Menurut Johana, bocah berusia 12 tahun dari sebuah sekolah dasar di Ciburuy, dia dan kawan-kawannya sedang mencari udang lobster air tawar.

Baca Juga: Kerajaan Arab Saudi Menangkap Ulama, Bagaimana Nasib Habib Rizieq?

Dengan bertelanjang dada, warga Kampung Babakan Pasir ini gesit berenang sekitar 5 meter menjauh dari tepi Situ Ciburuy yang airnya surut.

"Selama tidak masuk sekolah, sambil mengisi waktu mencari lobster di Situ Ciburuy. Paling hanya sejam," kata Johana kepada galamedianews.com di Ciburuy, Rabu 9 September 2020.

Ia mengaku mencari lobster setelah selesai mengerjakan tugas sekolah. Biasanya, bocah berkulit sawo matang ini mulai berburu lobster sekitar pukul 09.00-10.00 WIB.

Kalau lagi beruntung, Johana dan kawan-kawannya bisa mendapatkan 10 lobster hanya dalam satu jam.

Baca Juga: Oknum Kades Gagahi Anak di Bawah Umur, Bupati Garut Tak Mau Pasang Badan

Lobster seukuran dua jari tangan dewasa dijual ke seseorang yang biasa dipanggilnya dengan sebutan "Bu Haji" Rp 10.000 per empat ekor. "Uangnya buat jajan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x