Kenali 3 Jenis Awan Berdasarkan Bentuk Dasar Saat Langit Cerah atau Akan Turun Hujan

- 31 Oktober 2023, 14:59 WIB
Ilustrasi awan cumulus terlihat saat langit sedang cerah 
Ilustrasi awan cumulus terlihat saat langit sedang cerah  /pixabay/pcdazero/

 

GALAMEDIANEWS-Berikut ini 3 jenis awan yang digolongkan berdasarkan bentuk dasar dan bisa terlihat saat langit dalam keadaan cerah, berawan atau akan turun hujan.

Awan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang sangat indah, terbentuk dari proses penguapan air laut oleh sinar matahari dan terlihat seperti gumpalan kapas putih yang lembut.

Awan terlihat bergerak oleh bantuan angin yang berhembus sebenarnya bergerak perlahan turun ke bawah permukaan bumi karena gaya gravitasi atau tarik bumi.

Daratan yang dipanaskan sinar matahari menghasilkan udara panas yang mendorong awan kembali ke atas dan terlihat menggantung di atas langit.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Masa Pancaroba, BMKG: Mulai dari Angin Kencang dan Hujan Es

Dilansir Galamedianews dari kanal YouTube info BMKG pada Selasa, 31 Oktober 2023 berikut 3 jenis bentuk awan diantaranya;

1. Awan berbentuk gumpalan seperti kol besar atau kumpulan kapas besar disebut awan Cumulus berasal dari bahasa Yunani yaitu berkumpul.

Jika akan turun hujan deras disertai angin kencang, kilatan petir bahkan kristal es maka disebut awan Cumulonimbus yang berwarna abu-abu gelap.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x