Bersiap Memasuki Peralihan Musim Hujan , Kabupaten Cianjur Diminta Waspadai Banjir dan Longsor

- 1 November 2023, 06:15 WIB
Bersiap memasuki peralihan musim hujan, para warga Cianjur harus mewaspadai banjir dan longsor yang mungkin akan terjadi
Bersiap memasuki peralihan musim hujan, para warga Cianjur harus mewaspadai banjir dan longsor yang mungkin akan terjadi /Antara / Ahmad Fikti/

GALAMEDIANEWS – Bersiap memasuki peralihan musim hujan, para warga Cianjur harus mewaspadai banjir dan longsor yang mungkin akan terjadi pada musim hujan mendatang. Musim hujan di prediksi oleh Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika akan mulai datang pada awal November 2023.

Selain itu pemerintah Kabupaten Cianjur pun sudah mengeluarkan surat Edaran peringatan dini terhadap akan datangnya potensi banjir serta longsor dan juga angin kencang yang terjadi di musim hujan mendatang.

Asep Kusmanawijaya selaku kepala BPBD Kabupaten Cianjur mengatakan bahwa prediksi BMKG Kabupaten Cianjur, musim pancaroba akan mulai datang pada awal November yaitu dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Sementara musim penghujan ini baru di wilayah utara yang sudah mulai turun hujan,” tutur Asep pada tanggal 31 Okrober 2023, Selasa.

Melalui surat edaran, para warga Cianjur diimbau agar waspada akan gejala alam yang mungkin akan datang saat terjadinya musim penghujan.

Baca Juga: Waspadai Heatstroke (Sengatan Panas) Panas Terik Musim Kemarau

“Menyiagakan sumber daya perangkat kecamatan, desa, retana, untuk antisipasi terjadinya bencana,” katanya

“Potensi banjir dan tanah longsor rawan terjadi di seluruh wilayah terutama di wilayah selatan Cianjur yang banyak terdapat perbukitan dan sungai yang panjang membentang di sebagian besar kecamatan,” ujar Bupati Cianjur

Herman Suherman selaku Bupati Cianjur memberikan informasi bahwa selama satu pekan ini curah hujan dinilai sangat tinggi. Selain itu hujan besar juga mulai melanda sebagian di wilayah Cianjur dengan intesitas hujan yang tinggi lebih darindua jam.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x