Pengunjuk Rasa Pro-Palestina di London Inggris Menutup Jalan Oxford Circus

- 5 November 2023, 08:20 WIB
Orang-orang  Israel menghentikan kampanye pengeboman dan pengepungan Jalur Gaza, Palestina, 4 November 2023
Orang-orang Israel menghentikan kampanye pengeboman dan pengepungan Jalur Gaza, Palestina, 4 November 2023 /Claudia Greco/Reuters/

GALAMEDIANEWS - Lebih dari 350 demonstran pro-Palestina melakukan aksi duduk di Oxford Circus dan Piccadilly Circus pada hari Sabtu, meminta agar Israel menghentikan kampanye pengeboman dan pengepungan Jalur Gaza.

Protes ini berhasil menghentikan aktivitas di salah satu distrik perbelanjaan tersibuk di London selama lebih dari satu jam. Aksi dimulai di luar kantor BBC sebagai kritik terhadap liputan jaringan tersebut terkait perang Israel-Palestina. Demonstrasi ini dipimpin oleh Koalisi Palestina Merdeka yang baru terbentuk, yang mencakup Sisters Uncut dan BlackLivesMatter UK.

"Protes ini mencerminkan kemarahan ratusan ribu orang di seluruh negeri yang sangat terguncang oleh genosida di Gaza," kata Zami Jackson, juru bicara koalisi tersebut.

Para demonstran, banyak di antaranya mengibarkan bendera Palestina, menyuarakan yel-yel seperti "Dari sungai ke laut, Palestina akan merdeka" dan memegang spanduk yang menyerukan "gencatan senjata" dan "tidak ada bisnis seperti biasa."

Baca Juga: Israel kembali Bombardir beberapa lokasi di Jalur Gaza, 46 Jurnalis Tewas Jadi Korban Hingga Saat ini

Terkaminya antara beberapa demonstran dan polisi terjadi di Piccadilly Circus, dan setidaknya 11 demonstran ditangkap sebagai akibat dari insiden tersebut.

Aksi duduk ini dilakukan serentak dengan puluhan ribu demonstran pro-Palestina yang berkumpul di seluruh Inggris dalam hari aksi yang diorganisir oleh Kampanye Solidaritas Palestina (PSC) dan kelompok-kelompok lainnya untuk menuntut gencatan senjata. Diperkirakan sekitar 40.000 orang berkumpul dalam aksi di Trafalgar Square.

Di London, protes-protes lokal diselenggarakan di berbagai tempat di kota, dengan pawai yang mengarah ke aksi utama di Trafalgar Square. Para demonstran kemudian menyebar ke luar lapangan dan mengisi Stasiun Charing Cross.

Ribuan orang lainnya melakukan aksi duduk di Stasiun Manchester Piccadilly, sementara ratusan orang menduduki Stasiun Waverley di Edinburgh.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Middle East Eye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x