BI Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bandung  

- 11 September 2020, 19:42 WIB
/

GALAMEDIA - Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Jawa Barat (Jabar) Herawanto, mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung. Menurutnya, bersama empat daerah lainnya, Kabupaten Bandung termasuk daerah yang mendominasi lebih dari 55% perekonomian Jabar.

 “Kabupaten Bandung juga termasuk daerah yang mencatat pertumbuhan ekonomi tinggi, jauh di atas pertumbuhan ekonomi Jabar. Pada 2019, Kabupaten Bandung tumbuh 9,56% yang menunjukkan derap akselerasi perekonomian yang sangat baik,” ucap Herawanto saat menyambangi Rumah Jabatan Bupati Bandung H. Dadang M Naser, Soreang, Kamis kemarin

Ia juga berpendapat, Kabupaten Bandung termasuk daerah dengan tingkat kemiskinan yang relatif rendah di Jabar. Ia melanjutkan, tahun 2019, angka kemiskinan Kabupaten Bandung mencapai 5,48%.

Baca Juga: Mengapa Prajurit Kodim 0824/Jember Masih Harus Latihan Menembak? Inilah Alasannya  

 “Namun di tengah pandemi seperti ini, pemerintah daerah harus memiliki strategi ekstra. Pasalnya, covid telah mempengaruhi perekonomian dunia," jelasnya.

 Sementara itu Bupati Bandung Dadang M Naser menjelaskan, terdapat empat hal yang direkomendasikan Kepala BI Jabar untuk memulihkan kembali perekonomian pasca covid-19, antara lain sektor pengolahan, pariwisata, pertanian dan pengendalian inflasi.

 "Tentunya kami sangat berterimakasih kepada BI Jabar atas penilaian terhadap pertumbuhan laju perekonomian Kabupaten Bandung. Apa yang direkomendasikan akan kita perhatikan," ungkap Bupati Bandung.

Baca Juga: Ini Dia Nama Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Masa Bakti 2020-2025 yang Baru Dilantik

 Dadang melanjutkan, sejumlah strategi pun telah dipersiapkan. Salah satunya dengan tetap membuka sektor industri.

 "Dari awal pandemi, kami menginstruksikan agar perusahaan tetap beroperasi, dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jika terdapat pegawai yang positif, yang diisolasi hanya lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu, kami juga telah mengirimkan alat rapid tes ke sejumlah perusahaan," papar Dadang.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x