Sepekan ke Depan Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Beberapa Wilayah Indonesia, Waspada untuk Daerah Ini

- 25 November 2023, 17:32 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem landa sejumlah wilayah di Indonesia./Pixabay/music4life)
Ilustrasi cuaca ekstrem landa sejumlah wilayah di Indonesia./Pixabay/music4life) /

 

GALAMEDIANEWS - Dalam sepekan ke Depan, Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi dilanda cuaca ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca tersebut.

"Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," kata Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu 25 November 2023.

Menurutnya, beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan. Ini dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Manchester City vs Liverpool di Liga Inggris, Laga Penentu Jawara 2023-2024

Fenomena tersebut di antaranya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian barat.

"MJO diprediksikan dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode Dasarian I Desember 2023, dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia," ujarnya seperti dilansir Antaranews.

Fenomena gelombang Equatorial Rossby (ER) juga terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia. Kondisi ini terutama di bagian tengah dan timur hingga periode akhir Dasarian III November 2023.

Baca Juga: Prediksi Skor Cadiz vs Real Madrid di Liga Spanyol: Head to Head dan Starting Line Up

Fenomena lainnya yakni penguatan monsun Asia, terlihat dari adanya indikasi penguatan angin lapisan atas dari wilayah Laut China Selatan hingga lebih dari 25 knot (47 km/jam).

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x