Serahkan DIPA - TKD 2024, Bey Ungkit Pertumbuhan Ekonomi di Jabar

- 2 Desember 2023, 10:55 WIB
Serahkan DIPA - TKD 2024, Bey Ungkit Pertumbuhan Ekonomi di Jabar./Humas Jabar
Serahkan DIPA - TKD 2024, Bey Ungkit Pertumbuhan Ekonomi di Jabar./Humas Jabar /

GALAMEDIANEWS - Penjabat Gubernur Bey Machmudin menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dan daftar alokasi transfer ke daerah (TKD) kepada instansi vertikal kementerian lembaga di wilayah Jawa Barat.

Penyerahan DIPA dan TKD dilakukan di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jumat, 1 November 2023.

Baca Juga: Terbaik 2023! 3 Tempat Wisata di Bandung Ini Wajib Dicoba, Tawarkan Banyak Spot Instagramable dan View Bagus

Menurut Bey, sepanjang 2023 Jabar berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Pertumbuhan ekonomi yang stabil menjadi modal penting untuk melaksanakan APBN 2024.

Bey menganggap APBN menjadi instrumen fiskal penting dalam mencapai tujuan pembangunan di Jabar.

"Yaitu menghilangkan kemiskinan ekstrem mendekati nol persen dan penurunan angka stunting mendekati 14 persen pada 2024 mengikuti target nasional," ujar Bey Machmudin.

Target kesejahteraan di Jabar pada 2024 yaitu menurunkan angka pengangguran menjadi 9,48 persen, angka ketimpangan (rasio gini) menjadi 0,397, serta dan meningkatkan indeks pembangunan manusia meningkat menjadi 73,05 persen.

Baca Juga: Prediksi Skor Brentford vs Luton Town: Pekan ke-14 Liga Liga Inggris, Head to Head dan Line Up

Fokus APBN 2024, kata Bey, di antaranya perbaikan kualitas sumber daya manusia, transformasi ekonomi hijau, pemberian subsidi, dan bantuan sosial yang tepat.

Fokus lain, penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah melalui sinkronisasi belanja pusat dan daerah, yang berujung pada peningkatan efisiensi belanja negara.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x