Biaya Kuliah 900 Ribu Mahasiswa Telah Dijamin KIP Kuliah, Jokowi: Ini Lompatan yang Sangat Besar Sekali

- 11 Desember 2023, 12:45 WIB
Ilustrasi KIP Kuliah.
Ilustrasi KIP Kuliah. /

GALAMEDIA NEWS - Pemerintah telah menjamin pembiayaan kuliah sekitar 900 ribu mahasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Hal itu merupakan data hingga 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan saat membuka Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka Ke-3 Tahun 2023 di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

"Saya senang penerima KIP Kuliah mencapai 900.000 pada 2023, ini lompatan yang sangat besar sekali," kata Jokowi.

Para penerima KIP Kuliah itu, lanjut dia, mahasiswa yang belajar di luar kampus melalui Program Kampus Merdeka.

Sejak 2021, Jokowi mengatakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan program KIP Kuliah sebagai bantuan sosial dalam bidang pendidikan tinggi yang merupakan perkembangan dari program Bidikmisi yang sudah digulirkan pemerintah sejak 2011.

Baca Juga: Mulai Tahun Ini, Pemegang KIP Kuliah Bakal Memperoleh Bantuan Hingga Rp12 Juta per Semester

Dikatakan, KIP Kuliah untuk meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi secara lebih merata dan berkualitas bagi masyarakat yang kurang atau tidak mampu secara ekonomi.

Dilansir dari laman Kemendikbudristek, ada empat kategori mahasiswa yang berhak memperoleh KIP Kuliah. Pertama, alumnus SMA/SMK/sederajat tahun berjalan dan dua tahun sebelumnya yang memiliki KIP.

Kedua, mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin yang dibuktikan dengan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan memiliki Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) yang merupakan program Kementerian Sosial atau penghuni panti sosial atau panti asuhan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x