Kemkominfo Adopsi Regulasi AI (Artificial Intelligence) Uni Eropa

- 14 Desember 2023, 07:35 WIB
Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informasi
Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informasi /Antaranews/ Pamela Sakina/

GALAMEDIANEWS - Dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang semakin pesat dan semakin canggih saat ini, Kemkominfo akan segera menerbitkan regulasi teknologi AI. Menkominfo Budi Arie Setiadi menyebut regulasi AI bergantung situasi dan akan segera diterbitkan. 

“Kita sedang membuat permen-nya (Peraturan Menteri). Namun bisa nanti jadinya surat edaran, bisa juga permanen. Nanti kita lihat kebutuhannya. Paling tidak sebagai pengantar. Itu secepatnya," tutur Menkominfo Budi Arie Setiadi di Jakarta, Rabu 14 Desember 2023.

Budi Arie menyebut bahwa regulasi AI telah diterapkan di benua Eropa. Beliau menyebut Kemkominfo akan menjadikannya sebagai acuan dalam menyusun regulasi AI. Beliau pun tak menampik bahwa AI bukan teknologi yang asing.

Baca Juga: Pentingnya Regulasi Kecerdasan Buatan (AI) : Indonesia Perlu Ambil Pelajaran dari Negara Berikut

“Di Eropa sudah mulai muncul. Nah kita pelajari bagaimana nanti implementasinya di Indonesia. Karena nilai-nilainya sudah kelihatan. Begitu juga tentang pemanfaatan dan kontrolnya. Kita mengadopsi apa yang sudah diputuskan negara maju," ujar Budi Arie.

Beliau pun menegaskan bahwa Kemkominfo tak menolak perkembangan teknologi, namun ingin mengaturnya agar mengurangi dampak negatifnya. “Semangatnya itu bukan kita menolak kemajuan teknologi. Tapi kita harus tata. Kita harus atur bagaimana dampak negatifnya bisa kita minimalisir,” tambahnya.

Adanya rencana regulasi teknologi AI telah disebutkan Kemkominfo akhir November lalu, Saat itu, Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menyebut bahwa Kemenkominfo menargetkan meluncurkan regulasi teknologi ini pada awal Desember 2023.

Saat itu, Nezar menyampaikan bahwa perlu kritis terhadap perkembangan teknologi namun tak perlu khawatir. Nezar pun menyampaikan bahwa teknologi perlu dikembangkan agar meningkatkan dampak positif dan menurunkan dampak negatif.

Baca Juga: WHO Menyusun Pedoman Regulasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Bidang Kesehatan

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x