Untuk Jadi Pilot, Bukan Kuliah Teknik Penerbangan Tapi Masuk Sekolah Penerbangan

- 19 Desember 2023, 21:59 WIB
Ilustrasi sekolah penerbangan hasilkan pilot yang profesional.
Ilustrasi sekolah penerbangan hasilkan pilot yang profesional. /Pexels/Kelly/

GALAMEDIANEWS - Apakah ada kerabat atau teman terdekat yang ingin menjadi seorang pilot? Bila demikian, sebaiknya kerabat atau teman dekat kita ini mempersiapkan masuk ke sekolah penerbangan bukan masuk ke jurusan teknik penerbangan.

Tak sedikit orang yang memandang bahwa kuliah di jurusan penerbangan akan menjadi pilot. Namun, sesungguhnya tak demikian. "Kalau mau jadi pilot, masuk sekolah penerbangan," tutur Nanang, alumni jurusan Teknik Penerbangan ITB (Institut Teknologi Bandung).

Tak sedikit juga orang yang beranggapan keduanya adalah sama. "Iya orang biasanya orang tahunya keduanya sama, sekolah penerbangan sama dengan teknik penerbangan, cuma karena ada kata penerbangan. Ini salah kaprah sebetulnya sih. Padahal maknanya beda," ujarnya.

Baca Juga: Mudah Didapat, Ini 6 Obat Alami untuk Penyakit Diabetes

Terkait perbedaannya, Nanang mengutarakan perbedaan keduanya. "Di jurusan teknik penerbangan, kami sih intinya belajar mesin, material, aerodinamis, dan fisika-fisika yang lainnya yang mendukung penerbangan pesawat di udara. Kita mungkin seperti jadi pekerja kasarnya," tuturnya.

Nanang lalu merinci pekerjaan pilot yang berbeda dengan pekerjaan mekanik yang dilakukan jurusan teknik penerbangan.

"Kalau di sekolah penerbangan, outputnya mereka jadi pilot profesional. Nggak perlu sampai belajar detail-detail tekniknya mesin. Nggak perlu repot cek mesin. Yang penting bisa bawa kapal dengan baik. Kalau di dunia profesional, ada yang khusus cek-cek mesin. Pilot seperti orang di depan layar, kami yang berada di balik layar," tuturnya.

Baca Juga: 4 Penyebab Aki Motor Drop, Salah Satunya Pengisian Kurang Tepat

Dengan adanya pemisahan tersebut, kedua pekerjaan ini menjadi lebih fokus bekerja. Apalagi profesi ini berkaitan dengan nyawa manusia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x