Pakar Komunikasi Khawatirkan Media Sosial Akibatkan Anak-Anak Remaja Merasa Rendah Diri

- 22 Desember 2023, 21:56 WIB
Ilustrasi media sosial dinilai rawan akibatkan anak remaja merasa rendah diri./pixabay @Alexandra_Koch
Ilustrasi media sosial dinilai rawan akibatkan anak remaja merasa rendah diri./pixabay @Alexandra_Koch /

GALAMEDIANEWS – Media Sosial seperti Instagram menjadi sudah tak asing lagi bagi masyarakat umumnya, khususnya bagi generasi anak-anak remaja.

Menurut Reno Irwansah, seorang pakar komunikasi, hal ini positif. Sebab memudahkan mereka meraih begitu banyak informasi penting. Selain itu, memudahkan berinteraksi dan berkomunikasi.

Namun, pada sisi lain, ada juga dampak negatifnya yaitu menggunakan Instagram rawan mengakibatkan kalangan anak-anak remaja penggunanya bisa mengalami rasa rendah diri karena disodorkan begitu banyak aneka hal positif dari kehidupan seseorang. Hal ini rawan memunculkan persepsi di benak mereka bahwa kehidupan seseorang tersebut benar-benar begitu sempurna.

Baca Juga: Tips Agar Tak Bosan Olahraga Jalan Kaki

“Harus kita tahu ya, bahwa kalau kehidupan seseorang itu belum tentu seindah di akun IG-nya. Ini penting yang harus digarisbawahi. Memangnya ada orang yang posting-posting yang negatif di situ? Seperti pernah berbuat kekerasan ke orang lain. Nggak seperti itu kan? Orang nggak begitu kan? Ini yang hanya dilihatnya. Ini bisa bikin jadi rendah diri,” tutur Reno.

Reno mengungkapkan, anak-anak remaja belum kaya dengan pengalaman hidup. Hal ini sebabkan mereka rawan mengalami perasaan rendah diri bila terlalu banyak menggunakan Instagram.

“Gini ya, pada dasarnya anak-anak muda itu kan memang belum banyak makan asam garam menjalani hidup. Kalau daun masih hijau lah. Jadi ya, bisa saja rawan muncul perasaan rendah diri kalau lihat yang menurutnya hebat atau luar biasa di IG. Padahal, di balik itu, bisa saja ada fakta negatif yang tak di-posting,” katanya.

Baca Juga: Debat Cawapres: Gibran Paparkan Potensi Sumber Daya Alam, Cak Imin Bicara Ketimpangan Ekonomi Masyarakat

Pria berkacamata ini memberikan contoh perilaku anak yang memunculkan gejala perasaan rendah diri akibat menggunakan Instagram.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x