Percepat Penanganan Banjir di Dayeuhkoloty, BPBD Gelontorkan Bantuan Rp350 Juta

- 15 Januari 2024, 16:23 WIB
Jalan Raya Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung masih tergenang banjir, Sabtu 13 Januari 2024.
Jalan Raya Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung masih tergenang banjir, Sabtu 13 Januari 2024. /BUDI SATRIA/PRFM

GALAMEDIANEWS - Untuk percepatan penanganan bencana banjir di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan gelontorkan dana siap pakai (DSP) Rp350 juta.

Pemberian dana tersebut untuk fase pertolongan penanganan pengungsi pada status masa tanggap darurat.

“Pada tahap awal ini dana sebesar Rp350 juta untuk digunakan selama tujuh hari. Tentu saja kalau ada kekurangan nanti akan ditambah,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Senin 15 Januari 2024.

Baca Juga: Cerita Karyawan yang Biasa Rapat Berdiri: Rapat Lebih Cepat dan Lebih Fokus

Bukan hanya DSP, BNPB juga menyerahkan dukungan logistik dan peralatan berupa tenda pengungsi, sembako, selimut, matras, genset listrik, makanan siap saji, perahu karet, dan paket kebersihan diri.

“Pak Bupati Bandung sudah menetapkan tanggal darurat selama tujuh hari. Kita pastikan kebutuhan dasar dari para pengungsi selama tujuh hari ini betul-betul tertangani dan terpenuhi,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut Suharyanto, jika masa tanggap darurat selesai, BNPB juga akan ikut terlibat dalam menuntaskan banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung. Sebab tindakan yang komprehensif dibutuhkan dalam penanganan banjir agar hasilnya bisa optimal dan menyeluruh.

Baca Juga: Bansos BNPT dan PKH Cair di Januari 2024, Cek Penerima dengan Langkah-langkah Berikut Ini

“Kita sepakat bahwa penanganan ini bukan hanya pada masa tanggap darurat, tetapi jangka menengahnya kita juga akan tangani. Hal itu dilakukan agar musim hujan pada awal tahun 2025 wilayah ini sudah tidak ada banjir lagi. Itu target kami,” katanya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x