Pijar Mahir Gandeng TikTok Berkolaborasi Dukung Percepatan UMKM Go Digital

- 28 Januari 2024, 12:40 WIB
Pijar Mahir Gandeng TikTok Berkolaborasi Dukung Percepatan UMKM Go Digital./foto istimewa
Pijar Mahir Gandeng TikTok Berkolaborasi Dukung Percepatan UMKM Go Digital./foto istimewa /

GALAMEDIANEWS - Salah satu produk unggulan Leap Telkom Digital dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Pijar Mahir berkolaborasi dengan TikTok guna menyediakan pelatihan dan pemberdayaan UMKM lokal dalam menggunakan platform sebagai sarana promosi bisnis.

Kolaborasi dinilai penting karena UMKM memberi andil tidak kurang dari 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja lokal pada 2023.

Pemerintah sendiri menargetkan 30 juta UMKM go digital pada akhir 2024 yang harapannya memberikan kontribusi lebih besar lagi bagi perekenomian nasional.

Baca Juga: Prediksi Skor Fiorentina vs Inter Milan, Simak Head to Head dan Line Up

Di sisi lain, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan, sebanyak 68 persen dari total 64 juta UMKM di Indonesia yang belum masuk ekosistem digital pada 2022. Menurut riset, hal itu merupakan imbas dari kurangnya pengetahuan dan keahlian digital pelaku UMKM.

Head of Digital Vertical Ecosystem Education Telkom, Sri Safitri menyampaikan, pihaknya menjalin kerja sama dengan TikTok sebagai langkah strategis untuk membantu UMKM makin go digital dan menjangkau pasar mancanegara.

Kerjasama itu mempertajam keberadaan Pijar Mahir dalam menyediakan solusi pembekalan UMKM berupa pelatihan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan UMKM dalam memasuki ekosistem digital.

"Melalui Pijar Mahir, Telkom membuktikan komitmen untuk menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional yang sejalan dengan target pemerintah," tutur Sri, melalui siaran pers, baru-baru ini.

Saat ini, lanjut Sri, tren berbelanja masyarakat langsung melalui aplikasi e-commerce. Oleh karena itu, sangat penting bagi UMKM menguasai keterampilan dalam menawarkan barang dan jasa di platform digital seperti TikTok.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x