Transformasi Digital: Menteri PANRB Bertemu dengan Menteri PDTT Membahas Digitalisasi Desa

- 6 Februari 2024, 13:26 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas usai rapat terkait interoperabilitas layanan Kementerian Desa, di Jakarta./menpan.go.id
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas usai rapat terkait interoperabilitas layanan Kementerian Desa, di Jakarta./menpan.go.id /

 

GALAMEDIANEWS – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas optimis transformasi digital yang dilakukan pemerintah akan menjangkau hingga pelosok desa.

Menteri Anas bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar tengah memetakan layanan dari Kementerian PDTT yang dapat digabungkan dalam satu portal.

Transformasi digital di berbagai aspek melalui pembangunan portal nasional yang akan menaungi sembilan layanan prioritas pada tahap awal.

Baca Juga: Album Kolaborasi Liam Gallagher dengan John Squire akan Segera Rilis

Upaya pemerintah dilakukan dengan menunjuk BUMN Peruri sebagai Government Technology yang akan menyelenggarakan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik Kementerian dan Lembaga Pemerintah.

Sembilan layanan tersebut yaitu, Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

Transformasi digitalisasi di lingkup Desa dilakukan dengan mengutamakan integrasi dan interoperabilitas. Pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia, untuk dapat mendukung empat pilar utama transformasi digital yaitu:

Baca Juga: 10 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat IPK, Kesempatan Emas bagi Mahasiswa Indonesia!

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Menpan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x