Alasan Anak Muda Harus Tetap Melek Politik

- 12 Februari 2024, 14:33 WIB
Ilustrasi anak muda harus melek politik.
Ilustrasi anak muda harus melek politik. /Pixabay/Wokandapix/

GALAMEDIANEWS - Politik secara etimologi berasal dari bahasa yunani,yaitu polis,yang berarti kota yang berstatus negara. Sedangkan menurut teori klasik aristoteles, politik adalah usaha yang di tempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Politik berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah dan negara, sehingga tidaklah salah jika kita menghubungkan antara politik dan pemerintah. Sampai saat ini konsep politik sudah diterapkan di seluruh dunia.

Sebelumnya ilmu politik merupakan cabang dari filsafat. Namun untuk saat ini, ilmu politik lebih banyak dianggap sebagai ilmu sosial. Dalam ruang lingkup ilmu politik juga memiliki beberapa cabang. Beberapa diantaranya adalah seperti filsafat politik, ekonomi politik atau sejarah pemerintahan.

Baca Juga: Tak Banyak yang Sadar, Media Sosial Sebabkan Westernisasi

Indonesia merupakan negara Demokrasi terbesar ke 3 di dunia, yang akan menggelar pemilu di tahun 2024. Jumlah total pemilih di perkirakan mencapai 74% total populasi indonesia,sebagian di antara nya pemilih muda.

5 alasan anak muda harus melek politik :

1.Untuk mengkritis kebijakan pemerintah secara objektif. Setiap kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah pasti menimbulkan pro dan kontra, dengan memahi berbagai bentuk kebijakan dalam sistem politik, tentu kita pasti bisa menilai lebih objektif kebijakan tersebut tanpa harus di pengaruhi oleh isu-isu yang beredar.

2. Meningkatkan sikap toleransi di masyarakat. Indonesia merupakan negara demokrasi yang mempunyai hak kebebasan berpendapat bagi setiap warga nya, dengan berbagai latar belakang masyarakat, tentu akan melahirkan pendapat yang berbeda, dengan memiliki penahaman politik yang baik, tentu saja kita bisa saling menghargai pendapat masing- masing tanpa harus memaksakan kehendak kita kepada orang lain.

Baca Juga: Sinopsis Film Horor Pasar Setan, Sekumpulan Vlogger Terjebak di Tempat Berbahaya

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: youtobe @partai Hanura


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x