Cek Kesiapan TPS, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Ingatkan Antisipasi Kecurangan

- 14 Februari 2024, 09:40 WIB
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengecek kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Bandung Raya, Selasa, 13 Februari 2024 malam.
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengecek kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Bandung Raya, Selasa, 13 Februari 2024 malam. /istimewa/

 

GALAMEDIANEWS - Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin melakukan pengecekan ke sejumlah TPS di Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi pada Selasa, 13 Februari 2024 malam.

Ia didampingi Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni, Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus, hingga Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko.

TPS yang dicek pertama yakni TPS 48 yang berada di Jalan Kembar Palem, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Lalu, Bey bersama rombongan juga melihat TPS 18 di Desa Pameuntasan, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Kemudian mengecek TPS 29 yang terletak di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

"Malam ini kami Forkopimda lengkap jadi Kapolda Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Kajati dan Kabinda dan Ketua KPU provinsi juga dan Ketua Bawaslu provinsi, kami meninjau kesiapan akhir di tiga TPS," tutur Bey.

Dalam pengecekan itu, Bey mengingatkan kepada sejumlah petugas di TPS agar dapat mengantisipasi terjadinya kecurangan. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi yakni masih adanya warga yang sudah meninggal tapi masuk ke DPT.

Selain itu, Bey juga mengingatkan para petugas agar menyiapkan langkah antisipasi apabila terjadi hujan deras ketika pencoblosan. Untuk diketahui, BMKG Bandung memprediksi bakal terjadi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Bandung Raya ketika hari pemungutan suara.

"Jadi DPT meninggal perlakuan seperti apa, dan mereka memang sudah siap, jadi DPT dicoret dan sudah didrop jumlahnya, jadi kita meminimalisir adanya kecurangan seperti itu," katanya.

Bey juga menyoroti secara khusus bencana banjir yang terjadi di wilayah Sumedang. Menurut dia, khusus untuk di Sumedang, akan disiapkan semacam TPS keliling karena masih ada sejumlah warga yang tinggal di tenda pengungsian.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x