Balita di Klaten Lumpuh Layu, Akibat Virus Polio ! Jawa Tengah adakan Sub - PIN Polio serentak

- 21 Februari 2024, 13:34 WIB
Virus Polio./canva @maffiemaffie
Virus Polio./canva @maffiemaffie /

GALAMEDIANEWS - Polio punya nama panjang yaitu, poliomyelitis ,dan merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus polio. Individu yang terpapar virus ini, akan mengalami kondisi cidera syaraf, yang beresiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernafas, hingga kematian.

Meskipun penyakit ini sangat rentan dialami oleh anak-anak, bukan berarti orang dewasa tidak berisiko terpapar penyakit polio.

Melakukan pencegahan yang tepat menjadi tindakan yang efektif, untuk menghindari paparan virus penyebab polio.

Baca Juga: Usai Ribut di Piala Asia 2023, Son Heung Min akhirnya Berdamai dengan Lee Kang In

Pemberian vaksin polio dilakukan, sebagai salah satu bentuk pecegahan wabah polio.

Dilansir pada laman akun instagram @pkbijawatengah, 15 Januari 2024. Pada akhir tahun 2023 kemarin, di temukan kasus balita dan pada tiga orang anak di Klaten (Jawa Tengah), Sampang dan Pamekasan, Madura (Jawa Timur), lumpuh layu, akibat virus polio. Jawa Tengah adakan Sub - PIN Polio serentak.

Sub - PIN Polio kali ini diselenggarakan atas intruksi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dan sudah di laksanakan pada 15 Januari 2024, untuk putaran pertama. Dan untuk putaran kedua pada tanggal 19 Februari 2024.

Baca Juga: MF Ghost Season 2: Segera Rilis Akhir Tahun 2024, Simak Jadwal Tayangnya

Lebih buruknya lagi, 95% hingga 99% individu yang terpapar Polio, tidak mengalami gejala yang spesifik sebelumnya. Penyakit ini bisa menyerang segala usia. Namun, memang penularan paling cepat pada anak usia 5 tahun.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: instagram @pkbijawatengah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x