Bapak Petani : Harga Beras Jangan Diturunkan, Karena Harga Pupuk yang Mahal

- 28 Februari 2024, 08:29 WIB
cuplikan vidio mbah nyoto petani mengenai harga beras
cuplikan vidio mbah nyoto petani mengenai harga beras /tangkapan layar instagram @duniapunyacerita/

GALAMEDIANEWS - Seperti yang kita tahu, harga beras terus bergerak naik melejit, dengan harga Rp.18.000/kg, hal ini menjadi harga paling mahal dalam sejarah.

Masyarakat menjerit disaat harga beras naik, tak hanya beras, nyatanya harga sejumlah komoditas pangan mengalami naik sejak awal tahun 2024 (menjelang pilpres), diantaranya telur, cabai, minyak goreng di sebagian besar wilayah Indonesia. 

Pasca pemilu 2024 ini, harga beras mengikuti tren lonjakan harga yang ugal-ugalan hingga tembus mencapai angka Rp.18.000. Kenaikan harga yang tertinggi dalam sejarah di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Imbau Masyarakat Beli Beras SPHP, Dijamin Stok Melimpah

Kenaikan harga dipicu oleh berkurangnya jumlah pasokan, sementara permintaan konsumen yang tinggi. Faktor utamanya karena cuaca ekstrim, atau disebut dengan fenomena El-Nino, dalam hal ini berupa kekeringan yang terjadi di sejumlah daerah. 

Tentunya memberikan dampak pada pertanian, yakni bergesernya musim tanam hingga panen. Lalu pemerintah secara besar-besaran mendistribusikan bantuan sosial (bansos) beras 10 kg yang massif digulirkan menjelang pilpres 2024. 

Tentu menjadi catatan sebelum kelangkaan di pasar terjadi. Akibatnya menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar, dengan pendsitribusian yang tidak sesuai dengan jadwal.

Baca Juga: Pemkab Bandung Salurkan Bantuan Beras Jelang Ramadhan, Bupati Bandung: Upaya Penuhi Kebutuhan Pangan Warga

 Dilansir dalam vidio unggahan instagram @duniapunyacerita, mbah nyoto seorang bapak petani memberikan pesan kepada presiden " Disaat gajih PNS naik, kami petani tidak ribut, UMR naik tiap tahun, kami pun petani tidak ribut, giliran gabah harganya 9.000, beras 17.000, pada teriak - teriak pada presiden turunkan harga beras, turunkan harga beras, buat yang suka teriak - teriak harga 17.000 di makan satu keluarga, kenyang seharian.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Instagram @duniapunyacerita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x