Masyarakat Diminta Tidak Termakan Hoaks Isu Bromat di Air Mineral

- 4 Maret 2024, 13:18 WIB
Ilustrasi masyarakat tidak termakan isu Bromat pada minuman kemasan.
Ilustrasi masyarakat tidak termakan isu Bromat pada minuman kemasan. /Pexels/MART PRODUCTION/

GALAMEDIANEWS - Sejak beberapa waktu lalu beredar isu bromat di air minum dalam kemasan (AMDK). Bahkan dalam isu tersebut sejumlah produk minuman kemasan disebut-sebut mengandung kadar Bromat diambang batas.

Menanggapi hal tersebut, Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta publik tidak termakan hoaks terkait isu bromat di AMDK.

"Kami mengimbau pihak yang memiliki itikad tidak baik, untuk stop perbuatan yang meresahkan konsumen Indonesia," ujar Ketua YKMI Ahmad Himawan dalam keterangan pers yang diterima, Minggu 3 Maret 2023.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga! Marcus Rashford dan Jonny Evans Cedera dalam Kekalahan di Laga Derby Manchester

Himawan seperti dilansir Antaranews menegaskan, beredarnya informasi tidak akurat tersebut tidak hanya dapat menyesatkan konsumen namun juga akan menjadi fitnah berantai yang bisa merusak nama baik.

Sementara Wakil Sekretaris MUI, KH Ikhsan Abdulillah mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari berita hoaks. "Saya mengajak umat Islam dan kita semua untuk menghindari isu yang hoaks. Kita hendaknya memilah isu dengan cek dan ricek," katanya.

Wakil Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (Pinbas) MUI, Darmawan Wijaya menambahkan bahwa produk-produk yang masuk di dalam wilayah Indonesia diaudit oleh lembaga-lembaga yang berkompeten, salah satunya BPOM.

Baca Juga: Info Mudik Gratis 2024. Pendaftaran Sudah di Buka, Kuota Terbatas!

"Produk-produk yang sudah lulus dari BPOM itu sudah yakin 100 persen untuk dikonsumsi. Jadi tidak seharusnya influencer menyebarkan berita yang bertolak belakang dengan otoritas tersebut," katanya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x