Indonesia Berada di Ambang Produksi Massal Baterai Kendaraan Listrik pada April 2024

- 10 Maret 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik sedang mengisi baterai./Pixabay/Joenomias
Ilustrasi kendaraan listrik sedang mengisi baterai./Pixabay/Joenomias /

GALAMEDIANEWS - Indonesia sedang bersiap untuk memasuki babak baru dalam industri otomotif dengan rencana memulai produksi massal baterai kendaraan listrik pada bulan April 2024.

Peristiwa ini tidak hanya akan menjadi pencapaian sejarah bagi Indonesia tetapi juga akan menjadi bukti nyata dari kebijakan hilirisasi yang digalakkan oleh pemerintah.

Menurut Tina Talisa, Staf Khusus Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hilirisasi merupakan strategi penting untuk meningkatkan nilai tambah dari sumber daya alam Indonesia, khususnya nikel.

Baca Juga: Merugikan dan Tidak Sehat! Kualitas Udara Jakarta Masuk Sepuluh Besar Terburuk di Dunia

Investasi besar senilai 9,8 miliar dolar AS telah diarahkan untuk mendirikan fasilitas produksi baterai kendaraan listrik terintegrasi pertama di dunia.

Proyek ini akan dipimpin oleh PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Langkah ini tidak hanya akan mengukuhkan posisi Indonesia sebagai produsen pertama sel baterai kendaraan listrik di Asia Tenggara tetapi juga akan menggarisbawahi komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik nasional.

Tina juga menyoroti bahwa produksi massal ini akan membawa Indonesia ke posisi pertama sebagai produsen sel baterai kendaraan listrik di Asia Tenggara yang menerapkan teknologi terkini dari LG.

Hal ini juga akan membuka peluang besar bagi tenaga kerja muda Indonesia, membantu mengangkat perekonomian dan mengurangi ketertinggalan ekonomi.

Baca Juga: Tempat Nongkrong yang Hits dan Cocok untuk Acara Bukber di Bogor Kopi Tubing, View Alam Indah dan Asri

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x