14 Maret 2024, Mengenang 44 Tahun Wafatnya Bung Hatta, Proklamator dan Pahlawan Indonesia

- 14 Maret 2024, 10:35 WIB
Hingga akhir hayatnya, Bung Hatta tetap aktif mengajar di  Universitas Gadjah Mada dan mengisi banyak seminar./Instagram @meutiahatta
Hingga akhir hayatnya, Bung Hatta tetap aktif mengajar di Universitas Gadjah Mada dan mengisi banyak seminar./Instagram @meutiahatta /

GALAMEDIANEWS – Bersama Ir. Sukarno, Mohammad Hatta atau Bung Hatta menjadi tokoh penting dalam proses upaya kemerdekaan Indonesia.

Hasil usulan dan upaya pembentukan kemerdekaan Indonesia akhirnya dibacakan oleh Ir. Sukarno didampingi Bung Hatta pada 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB dalam Naskah Proklamasi Kemerdekaan 1945 bertempat di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta.

Wakil Presiden Republik Indonesia pertama ini lahir di Bukittinggi, dengan nama Mohammad Athar pada 12 Agustus 1902.

Baca Juga: Buka Puasa Tak Boleh Makan Nasi dan Makanan Siap Saji di TransJakarta, Ini Makanan Alternatif yang Disarankan

Mohammad Hatta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Hatta merupakan anak dari Haji Muhammad Jamil, seorang keturunan ulama Tariqat Naqsyabandiyah dan cucu dari Syekh Abdurrahman, seorang ulama besar di surau Batu Hampar, Payakumbuh.

Semasa hidupnya, Bung Hatta aktif dalam pergerakan politik, juga sebagai pemikir yang disegani. Bahkan pemikiran pemikirannya dianggap ancaman bagi dunia.

Bung Hatta juga dikenal sebagai sosok yang cerdas, jujur dan hidup sederhana. Kepergiannya pada tanggal 14 Maret 44 tahun yang lalu meninggalkan duka mendalam bagi rakyat Indonesia.

Dikutip dalam Indonesia Free: A Political Biography of Mohammad Hatta, Mavis Rose mencatat hari-hari menjelang kepergian Bung Hatta.

Memasuki tahun 1979, kesehatan Bung Hatta menurun drastis. Kedua kakinya sering terasa kaku. Sehingga ayah dari Meutia Hatta, Gemala Hatta dan Halida Hatta ini, terpaksa harus membatasi gerak dan mengurangi aktivitas serta jadwal kunjungannya ke beberapa daerah.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x