CATAT! Berikut Daftar 7 Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

- 27 Maret 2024, 20:44 WIB
Arsip/Foto udara Gerbang Tol Cikampek Utama/antaranews.com/
Arsip/Foto udara Gerbang Tol Cikampek Utama/antaranews.com/ /

GALAMEDIANEWS – Ramadan sudah memasuki minggu ketiga, artinya sebentar lagi aka nada kegiatan super sibuk di jalan berupa mudik. Jalan tol menjadi jalur utama untuk urusan permudikan.

Jalan tol adalah jalan berbayar yang dikhususkan untuk kendaraan rod empat atau lebih. Di beberapa ruas tol sekarang disediakan khusus untuk roda dua.

Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) telah menyiapkan 7 ruas jalan tol untuk beroperasi sebagai jalur gratis selama musim mudik Lebaran 2024. Ruas jalan tol ini terletak di Pulau Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: SPBU Rest Area KM 42 B Tol Jakarta-Cikampek Curangi Konsumen, Mendag Lakukan Penyegelan

Keberadaan jalan tol gratis biasanya tergantung pada kebijakan pemerintah atau otoritas terkait yang mengelola jalan tol tersebut.

Menurut anggota BPJT dari kalangan masyarakat, Tulus Abadi, pengoperasian jalur tol gratis ini akan dibatasi secara waktu. Artinya, jalur-jalur tersebut tidak akan dibuka selama 24 jam penuh.

“Izin operasional jalur tol gratis ini belum diberikan secara resmi, tetapi secara fisik jalur-jalur tersebut sudah siap digunakan. Nantinya, jalur-jalur ini akan beroperasi mulai pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sore. Jadi, hanya saat siang hari,” jelas Tulus pada Senin (25/3/2024).

Tulus juga menyebut salah satu jalur tol yang akan dibuka gratis selama musim mudik Lebaran nanti adalah Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA), yang sebagian telah dibuka pada musim mudik Lebaran sebelumnya.

Terdapat juga Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan. Namun, saat ini operasionalnya masih terbatas dari arah Bandung/Purwakarta hingga Kutanegara, Kabupaten Karawang.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: ANTARA umsu.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x