Pakar ITB Ungkap Penyebab Longsor di Bandung Barat

- 28 Maret 2024, 06:15 WIB
Iman Achmad Sadisun memaparkan karakteristik longsoran
Iman Achmad Sadisun memaparkan karakteristik longsoran /itb.ac.id/

GALAMEDIANEWS – Bencana longsor telah terjadi di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada hari Senin, 28 Maret 2024.

Imam Achmad Sadisun selaku pakar longsoran (landslide) Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan faktor penyebab longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Beliau menjelaskan mengenai faktor penyebab longsor, yaitu adanya faktor prakondisi (preconditioning factor) dan faktor pemicu (triggering factor).

Faktor prakondisi umumnya berkaitan dengan berbagai kejadian yang sifatnya berlangsung relatif lambat atau jangka panjang, seperti pelapukan, erosi, perubahan topografi/kemiringan lereng, perubahan tata guna lahan, dan kondisi geologisnya, seperti terdapatnya batuan di wilayah tersebut yang secara alamiah memungkinkan mudah menjadi bidang gelincir.

Baca Juga: Banjir - Longsor di KBB Telan Banyak Korban, Kepala BNPB Sebut 5 Jasad Sudah Ditemukan Dihari Ketiga

Faktor pemicu berkaitan dengan kejadian-kejadian jangka pendek atau bahkan seketika seperti curah hujan lebat atau gempa bumi.

“Kalau hujan ringan hingga sedang umumnya tidak menyebabkan longsor.,” ungkapnya.

Imam menjelaskan lebih lanjut, hujan di atas lebat atau hujan yang memang ekstrem, 150 mm/hari menurut ukuran BMKG, dapat menjadi faktor pemicu longsoran.

Bencana memiliki tanda-tanda yang mengawali kejadiannya, termasuk longsoran. Gejala tersebut dapat dilihat pada tiga bagian utama dari suatu lereng, yakni bagian kepala (head), tubuh (body), dan kaki (foot). Imam menjelaskan dengan lengkap.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: itb.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x