Kena Covid-19, Trump Belum Serahkan Kekuasaannya kepada Mike Pence

- 3 Oktober 2020, 19:37 WIB
Donald Trump dan Melania Trump.
Donald Trump dan Melania Trump. /AP Photo/Julio Cortez/Detik.com



GALAMEDIA - Meski positif Covid-19, Presiden AS Donald Trump belum mengalihkan kekuasaannya sementara waktu kepada Wakil Presiden Mike Pence, berdasarkan amandemen ke-25 Konstitusi AS.

Ajudan komunikasi Gedung Putih Alyssa Farah menyebut, Donald Trump masih bertanggung jawab sebagai Presiden Amerika.

"Presiden yang bertanggung jawab," kata Farah seperti dilansirkan rri.co.id dari CNN, Sabtu, 3 Okrober 2020.

Baca Juga: Partai Ummat Dibentuk, Pengamat: Jualannya Sama

Sebelumnya, Trump mengumumkan dia dan istrinya, Melania, telah dites positif Covid-19 tak lama setelah mengonfirmasi bahwa pembantu dekatnya telah tertular virus.

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan, Presiden AS Donald Trump akan tinggal di rumah sakit militer selama beberapa hari ke depan setelah dinyatakan positif Covid-19.

McEnany mengatakan, Trump yang memiliki gejala ringan, tetap bersemangat dan telah bekerja sepanjang hari.

Baca Juga: Inalillahi.. 3 Dokter Gugur Karena Covid-19, Totalnya Jadi 130 Dokter

"Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan ahli medisnya, Presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan," kata McEnany, mengacu pada sebuah rumah sakit militer di Bethesda, Maryland," kata McEnany seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 3 September 2020.

"Presiden Trump menghargai curahan dukungan untuk dia dan Ibu Negara," tambahnya.

Dalam sebuah memo baru, dokter Gedung Putih Sean Conley mengatakan meski lelah tetapi Trump dalam semangat yang baik pada Jumat sore.

Baca Juga: Sudah Tahu Donald Trump Positif Covid-19, Gedung Putih Tetap Saja Tidak Wajibkan Pakai Masker

Menurut Conley, sebagai tindakan pencegahan, Trump menerima satu dosis 8 gram koktail antibodi poliklonal Regeneron. Dia menyelesaikan infus tanpa insiden.

"Selain antibodi poliklonal, Presiden telah mengonsumsi seng, vitamin D, famotidine, melatonin, dan aspirin setiap hari," jelasnya.

Sedangkan ibu negara Melania, lanjut Conley tetap sehat dengan hanya batuk ringan dan sakit kepala. Selain itu, anggota keluarga pertama dalam keadaan sehat dan dinyatakan negatif Covid-19 pada hari Jumat.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x