Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik dan Langkah Pasti Cara Mengatasi Kemacetan, Lengkap dengan Contra Flow

- 15 April 2024, 18:31 WIB
Ilustrasi arus balik bakal terjadi tanggal 13-16 April 2024,.pexel/pixabay
Ilustrasi arus balik bakal terjadi tanggal 13-16 April 2024,.pexel/pixabay /

GALAMEDIANEWS – Arus mudik lebaran sudah mulai dilakukan pada 13 – 16 April 2024. Apalagi jumlah pemudik tahun ini mencapai ratusan ribu orang.

Menurut Kombes Pol Latif Usman selaku Dirlantas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan beberapa langkah untuk mencegah terjadinya kemacetan dari arah Jawa menuju Jakarta.

“Kita sekarang sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah juga meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1,035.000 juta sekian kendaraan yang keluar,”ucap Kombes Pol Latif Usman.

Pemudik yang menuju Jakarta harus menyiapkan peluang dengan memanfaatkan 4 hari pada waktu arus mudik.

Baca Juga: Persib Gagal Raih Poin Penuh Lawan Persita, Arema Ditekuk PSS: Ini Klasemen Sementara Liga 1

“Saya sangat mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta mempersiapkan kondisi badannya dan siap betul-betul operasional di jalan. Jangan sampai tuh kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul menghimbau dari sekarang,” kata Kombes Pol Latif Usman.

Ia menghimbau agar tidak terjadi penumpukan mobil alias kemacetan di simpang susun Cikunir yang menuju JORR Selatan menuju Pondok Indah, JORR Utara ke Tanjung Priok, dan akses Halim Utama Tol Dalam Kota, maka pemudik bisa mengakses tol fungsional, yakni Tol Cimanggis – Cibitung yang bisa digunakan oleh pemudik dengan waktu operasional antara jam 06.00 – 17.00 WIB hingga tanggal 16 April 2024.

“Maka dari itu masyarakat yang nantinya akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu Tol Cimanggis -Cibitung. Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” ujar Kombes Pol Latif Usman.

Baca Juga: Petugas Pos Terpadu Cileunyi Bantu Pemudik yang Sakit, Kapolresta Bandung: Pingsan saat Turun Bus

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: humas.polri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x