Dirgahayu Kopassus ke-72! Simak! Berikut Ini Sejarah Kopassus Sejak Didirikan

- 16 April 2024, 15:01 WIB
Grup 2 Kopasus Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Desa Karangmalang
Grup 2 Kopasus Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Desa Karangmalang /

 


GALAMEDIANEWS - Tepat hari Selasa, 16 April 2024 ini merupakan Dirgahayu Kopassus ke-72 tahun. Semangat juang mereka tidak pernah padam. Dedikasi mereka untuk bangsa dan negara tidak pernah luntur.

72 tahun telah berlalu, sejak Komando Pasukan Khusus (Kopassus) didirikan. Lahir dari semangat juang dan pengabdian tanpa batas.

Kopassus telah menjadi legenda, pelindung sejati kedaulatan Bangsa Indonesia. Dari rawa singkil hingga operasi pembebasan sandera Mapenduma, Kopassus selalu hadir di garda terdepan.

Mengibarkan panji-panji merah putih di medan laga manapun. Keberanian, ketangguhan, dan profesionalisme prajurit Kopassus tak perlu di ragukan lagi.

"Berani Benar Berhasil" bukanlah sebuah motto, tetapi janji suci yang dipegang teguh oleh Kopassus. Dibalik baret merah mereka, terpatri jiwa-jiwa patriot yang siap berkorban demi Ibu Pertiwi.

Baca Juga: Inilah Alasan Iran Serang Israel! Sebagai Bentuk Pertahanan yang Sah

Sejarah Terbentuknya Koppasus Berawal Pada Bulan Juli 1950

Dirangkum dari laman resmi kopassus.mil.id, Kopassus merupakan satuan khusus TNI-AD, prajurit yang memahami berbagai taktik dan ilmu perang khusus.

Sejarah terbentuknya Koppasus berawal pada bulan Juli 1950, dari timbulnya pemberontakan di Maluku oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya RMS (Republik Maluku Selatan).

Saat itu juga Pimpinan Angkatan Perang RI segera mengerahkan pasukan untuk menumpas gerombolan tersebut. Operasi ini dipimpin langsung oleh Panglima Tentara Teritorium III Kolonel A.E. Kawilarang.

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: kopassus.mil.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x