Inilah Alasan Iran Serang Israel! Sebagai Bentuk Pertahanan yang Sah

- 16 April 2024, 09:45 WIB
Sistem anti-rudal beroperasi setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke Israel
Sistem anti-rudal beroperasi setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke Israel / reuters.com/

GALAMEDIANEWS - Serangan Iran terhadap Israel bukan tanpa alasan. Menurut Iran, tindakan tersebut adalah aksi balasan yang sah, jika mengacu pada peraturan PBB.

Lebih dari 300 drone, rudal jelajah, dan rudal balistik diluncurkan Iran menuju Israel. Serangan Iran tersebut dilancarkan dari 4 wilayah, yakni Iran, Lebanon, Irak, dan juga Yaman.

Lalu kenapa Iran menyerang Israel? Hal tersebut merupakan aksi balasan atas serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah 1 April 2024.

Baca Juga: Serangan Iran Terhadap Israel Diprediksi Bisa Bereskalasi ke Level Global Jika Amerika Turut Campur!

Serangan 1 April tersebut telah menewaskan anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk Komandan Senior Mohammad Reza Zahedi dan Brigjen Jenderal Mohammad Hadi Haj Rahimi.

Iran berpendapat bahwa aksi balasanya telah mengacu pada Pasal 51 Piagam PBB. Yakni sebagai bentuk pertahanan yang sah, sehingga diperlukan untuk menghadapi ancaman.

Menurut Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, serangan tersebut telah selesai, dan tujuanya tercapai.

Begitupun Kelompok peretas Iran yang bernama Handala mengklaim berhasil menembus sistem radar Israel. Klaim ini muncul usai serangan Iran ke Israel 14 April 2024.

Baca Juga: Netanyahu Bersumpah Bakal Menang Usai Serangan Iran, Khawatir Konflik Meningkat Lebih Luas

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Instagram @contextdotid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x