Prakiraan Cuaca di Sulawesi Selatan 18 April 2024, Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologi di Beberapa Daerah

- 18 April 2024, 07:51 WIB
Ilustrasi prakiraan cuaca di Sulawesi Selatan tanggal 18 April 2024/pixabay.com/Kanenori
Ilustrasi prakiraan cuaca di Sulawesi Selatan tanggal 18 April 2024/pixabay.com/Kanenori /

GALAMEDIANEWS - Perubahan cuaca dari waktu ke waktu masih sangat terasa di sejumlah daerah di provinsi Sulawesi Selatan dalam beberapa hari terakhir. Karena cuaca yang tidak menentu, masyarakat diharapkan selalu memperbarui informasi prakiraan cuaca.

Selain potensi turunnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada waktu tertentu, pada Kamis, 18 April 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan untuk siaga potensi bencana hidrometeorologi.

Bagi yang belum familiar, hidrometeorologi adalah suatu bencana alam atau juga disebut proses merusak pada atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), serta lautan (oseanografi). Penyababnya oleh aktivitas perubahan cuaca yakni curah hujan, siklus hidrologi, temperatur angin, dan kelembapan.

Beberapa dampak dari bencana hidrometeorologi di antaranya banjir, gelombang dingin, kekeringan, badai, sampai pada gelombang panas. Jika tidak melakukan perlindungan diri di alam terbuka, maka dapat menyebabkan hilangnya nyawa, merusak kesehatan, bahkan materi pun ikut rusak, beberapa mata pencaharian dari alam menghilang, terjadi gangguan sosial, ekonomi, dan kerusakan lingkungan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Tanggal 17 April 2024, Hujan Petir Berpotensi Terjadi di Bandung dan Bogor

Maka dari itu selain setiap masyarakat melakukan perlindungan diri, berbagai institusi dalam negeri harus bekerja sama untuk melakukan mitigasi serta penanggulangan secara serius untuk perlindungan kelangsungan hidup masyarakat setempat.

Pada siang hari, cuaca di berbagai daerah Sulawesi Selatan diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Hujan ringan serta berawan akan lebih banyak muncul saat malam hingga dini hari.

Prakiraan cuaca Sulawesi Selatan

Dikutip dari laman resmi BMKG, berikut prakiraan cuaca di Sulawesi Selatan, pada Kamis, 18 April 2024 untuk beberapa daerah.

1. Barru

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: BMKG bpbd.bulelengkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x