Cukup Scan Barcode, Bayar Infak di Masjid Agung Tasikmalaya Lebih Mudah

- 22 April 2024, 03:12 WIB
Ilustrasi QRIS. Barcode QRIS tersebar di sejumlah titik di Masjid Agung Kota Tasikmalaya pada saat momentum hari raya lebaran. Layanan ini membantu jamaah untuk bersedekah.
Ilustrasi QRIS. Barcode QRIS tersebar di sejumlah titik di Masjid Agung Kota Tasikmalaya pada saat momentum hari raya lebaran. Layanan ini membantu jamaah untuk bersedekah. /M. Bayu Pratama/PRMN/

GALAMEDIA - Kumandang adzan zuhur menggema dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Umat Islam berbondong-bondong menepi ke masjid dengan nuansa khas putih. Selepas sholat, beberapa warga nampak menghampiri kotak infak yang berada di pintu keluar sebelum pergi meninggalkan masjid.

Sekilas tidak ada yang aneh dengan aktivitas warga tersebut saat hendak berinfak. Namun mereka tidak mengeluarkan uang dari dompetnya namun justru memindai HP mereka ke arah barcode yang ada di kotak infak. Barcode tersebut adalah pola-pola garis yang biasa digunakan sebagai alat pembayaran dengan QRIS. Ternyata saat ini QRIS tidak lagi hanya sebagai alat tukar untuk transaksi saja namun juga dipakai oleh masjid sebagai cara untuk berinfak.

Dalam pantauan tim Galamedia, sejumlah barcode QRIS dari sejumlah perbankan terpasang di kotak infak maupun beberapa titik di sekitar lokasi masjid baik di dalam maupun di luar masjid. Salah satu yang begitu mencolok adalah QRIS dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang dipasang cukup besar di beberapa titik di selasar masjid.   

Salah satu warga yang ditemui tim Galamedia di Masjid Alun-alun Tasikmalaya adalah Fadel (24). Ia menceritakan pengalamannya dalam bersedekah dengan menggunakan layanan QRIS saat berinfak di masjid besar Kota Tasik ini. “Baru-baru ini lebih sering bayar infak dengan QRIS karena tidak perlu repot ambil uang cash dan bisa atur sendiri nominal yang akan dibayarkan. Seringnya uang receh habis untuk jajan, jadi lebih banyak pakai QRIS sekarang,” ucap Fadel.

Fadel yang menghabiskan waktu akhir pekannya sebelum kembali ke Jakarta mengaku terbantu dengan fasilitas layanan QRIS. Hasrat umat Islam yang ingin berinfak tidak boleh terbentur karena alasan sedang tidak memiliki uang cash.

“Karena gak terlalu tahu di mana lokasi bank terdekat, jadi kebantu banget sih pas ada fasilitas QRIS di masjid ini. Modern banget sih,” tutupnya.

Warga lain yang ditemui tim Galamedia adalah Feri (44). Feri yang merupakan asli dari Tasik ini mengaku senang adanya modernisasi dalam layanan pembayaran zakat, infak, dan sedekah.

“Kemarin pas Ramadhan, saya bayar zakat juga pakai QRIS dari BRImo. Sempat juga ada yang dibantu pembayarannya dengan mesin EDC. Jadi lebih mudah sekarang, soalnya kemana-mana kan mulai jarang pegang uang cash. Masjid-masjid lain mungkin juga sudah bisa meniru Masjid Agung Tasik ini," ucap Feri.   

Kolaborasi Masjid dan Perbankan Buat Nyaman Jemaah

Masjid Agung Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan BRI Peduli dalam inovasi layanan pembayaran nontunai zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS) bagi jemaahnya.
Masjid Agung Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan BRI Peduli dalam inovasi layanan pembayaran nontunai zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS) bagi jemaahnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x