Joe Biden Ogah Debat Jika Trump Masih Positif Covid-19, Panitia Sediakan Kaca Pembatas

- 7 Oktober 2020, 08:06 WIB
Debat capres Amerika. (DailyMail)
Debat capres Amerika. (DailyMail) /DailyMail

GALAMEDIA - Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden meminta debat presiden berikutnya ditunda jika Presiden Amerika Serikat, Donald Trump masih belum pulih dari Covid-19.

Biden pada Selasa mengatakan dirinya dan sang petahana presiden seharusnya tidak melakukan debat, yang dijadwalkan pada 15 Oktober, jika pada saat itu Trump masih terinfeksi.

"Kalau dia masih mengidap Covid, kita jangan melakukan debat," kata Biden kepada para wartawan yang mengikuti perjalanannya seperti dikutip galamedia dari Antara, Rabu 7 Oktober 2020.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Rabu 7 Oktober 2020, Harga Emas Ada yang Naik, Turun, dan Stabil

Sebelumnya Biden dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani tes tersebut pada Selasa 6 Oktober lalu.

Sementara itu, Kaca pembatas akan dipasang pada acara debat calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat, yang akan menghadirkan pasangan petahana Wakil Presiden AS Mike Pence dan pasangan dari Joe Biden, Kamala Harris.

Komisi yang mengurusi acara debat itu mengatakan pemasangan kaca pemisah bertujuan mengurangi risiko penularan Covid-19.

Baca Juga: Kemnaker di Jabar Buka Pelatihan Budidaya Hidroponik, Ikan Lele dan Itik Pedaging, Cek Caranya Ini

Debat dua calon wakil presiden itu dijadwalkan berlangsung di Salt Lake City, enam hari setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan dirinya positif tertular Covid-19.

Dalam beberapa hari terakhir, Pence dan Harris terkonfirmasi negatif Covid-19 dan wakil presiden AS telah bekerja dari rumah sepanjang akhir pekan dan tidak berada di Gedung Putih.

Sejumlah staf Gedung Putih dan politisi Partai Republik, termasuk tiga senator, terkonfirmasi positif Covid-19, penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Baca Juga: Gitaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia

Komisi Debat Presiden, lembaga yang mengurusi acara tersebut, mengatakan dua kandidat wakil presiden akan ditempatkan dalam jarak yang terpisah lebih dari 3,7 meter.

Tidak hanya itu, jumlah tamu yang diperbolehkan hadir juga dibatasi oleh penyelenggara. Seluruh tamu juga akan menjalani pemeriksaan dan siapapun yang tidak mengenakan masker akan "dikeluarkan dari tempat acara," kata komisi terkait.

Dalam acara debat presiden pertama minggu lalu, sejumlah anggota keluarga Presiden Trump tidak mengenakan masker dan mereka duduk di barisan depan tamu undangan.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x